Gempa Dangkal Guncang Bima, Sumbawa dan Mataram

Peta Bima, NTB.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 5,6 SR mengguncang wilayah Sumba Barat Daya atau wilayah Bima, Sumbawa dan Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa 29 Mei 2018. Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada pukul 02.25 WIB, tidak berpotensi tsunami.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan, bahwa informasi awal gempa bumi ini berkekuatan 5,6 SR, dan selanjutnya dimutakhirkan menjadi 5,3 SR. Episenter gempa terletak pada koordinat 9,39 LS dan 118,45 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 57 km arah barat Kota Waikahaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 20 km.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan masyarakat menunjukkan guncangan dirasakan di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya dalam skala intensitas III-IV MMI sementara di Bima,  Sumbawa, Mataram dalam III MMI.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Dr. Daryono, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran di dasar laut.

"Hal Ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi tersebut dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike slip fault)," katanya kepada VIVA, Selasa 29 Mei 2018.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Hingga pukul 03.20 WIB, berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024