Target Jembatan Musi IV Kelar Sebelum Asian Games Tak Keburu

Proses pengerjaan pembangunan Jembatan Musi IV di Palembang, Sumatra Selatan.
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA – Target pembangunan Jembatan Musi IV selesai sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang, Sumatra Selatan, dipastikan tak keburu atau tak terkejar.

Bongkar Penyelundupan BBM Ilegal di Sumsel, Polisi Sita 81 Ton Solar dan Pertalite

Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah V sebagai pelaksana proyek itu menyatakan, bahwa pembangunan jembatan memang sudah mencapai 81,76 persen dan sekarang fokus di bentang tengah jembatan. Namun jembatan itu belum benar-benar kelar saat Asian Games pada Agustus-September 2018.

Pengerjaan proyek yang terdiri dari 18 segmen baru dikerjakan sembilan di antaranya. Sementara sekarang dikerjakan bentang tengah atau segmen 10 sampai 18.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

BBPJN menargetkan, pembangunan bisa rampung seusai Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Diharapkan pada Agustus nanti bisa digunakan untuk keperluan Asian Games, meski sebetulnya belum sempurna.

"Mudah-mudahan habis Lebaran atau di akhir Juli bisa tersambung, sehingga pada Agustus, atau tepatnya pada pelaksanaan Asian Games, bisa digunakan," kata Suwarno, PPK Metropolis pada BBPJN Wilayah V, di Palembang pada Senin, 4 Juni 2018.

Pasutri Pemasok Sabu untuk Pekerja Transportasi Air Sungai Musi Ditangkap

Dia mengaku tidak ada masalah yang serius dengan lahan sehingga mengganggu pelaksanaan pengerjaan fisik jembatan. Bahkan, pembebasan lahan sudah selesai kecuali untuk jalan akses. "Karena lahan tersebut belum disiapkan Pemerintah Provinsi (Sumatra Selatan) maupun Kota (Palembang)," katanya.

Meski jalan menuju Jalan Ahmad Yani belum dirampungkan, jembatan tetap beroperasi menggunakan akses jalan di Seberang Ulu melalui Jalan Azhari. Jembatan itu memang dirancang untuk menghubungkan Seberang Ulu dan Ilir kota Palembang. (mus)

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024