KPK Diminta Tak Buat Opini Soal Ketua DPR Absen Pemeriksaan

Anggota DPR dari PDIP, Masinton Pasaribu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta tak membuat polemik opini baru soal ketidakhadiran Ketua DPR Bambang Soesatyo sebagai saksi kasus e-KTP, hari ini. 

Ketua MPR: Putusan MK Menjadi Akhir dari Berbagai Upaya Hukum Konstitusional

Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu meminta KPK memahami alasan ketidakhadiran Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, itu.

"Ketidakhadiran Ketua DPR memenuhi panggilan KPK hari ini dikarenakan Ketua DPR harus memenuhi kegiatan kelembagaan DPR yang sudah terjadwal sejak jauh hari," kata Masinton lewat keterangannya, Senin, 4 Juni 2018.

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

Dia melanjutkan, "Dan seharusnya bisa dipahami oleh KPK dan tidak menjadikannya sebagai polemik opini seperti yang disampaikan oleh juru bicara KPK ke media massa dengan tudingan opini Ketua DPR tidak patuh hukum." 

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini juga meminta KPK bisa menertibkan jajarannya, yakni agar tidak menggiring opini terkait pemanggilan saksi kasus yang ditangani. "KPK berpedoman saja pada mekanisme KUHAP, bukan bermain opini yang mendiskreditkan Ketua DPR," ujarnya.

Bamsoet Sebut Ketua TPN Ganjar-Mahfud Bakal Sowan ke Prabowo

Dia juga menilai pemanggilan pemeriksaan saksi terhadap Bamsoet yang saat ini menjabat ketua DPR, seharusnya disampaikan langsung oleh pimpinan KPK, bukan juru bicara.

Sebelumnya, KPK menyatakan pihaknya akan kembali memanggil Bambang Soesatyo ke hadapan penyidik KPK. "Nanti kami panggil lagi, kami akan jadwalkan kembali. Tapi kapannya itu kami sesuaikan dengan kebutuhan penyidik," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin, 4 Juni 2018.
 

Ketua MPR Bambang Soesatyo saat membuka sidang tahunan MPR 2023

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, seluruh elemen bangsa perlu bergandengan tangan,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024