Tiga Korban Kapal Karam Danau Toba Selamat, Puluhan Hilang

Tim SAR gabungan dalam proses evakuasi korban kapal tenggelam di perairan Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, pada Senin petang, 18 Juni 2018.
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA – Tiga orang di antara puluhan penumpang Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara, pada Senin petang, 18 Juni 2018, dilaporkan selamat.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Ketiga korban ditemukan oleh tim SAR gabungan dalam operasi pencarian dan penyelamatan itu. Identitas mereka diketahui, antara lain Hernando Lingga (22), Rahman Syahputra (22), dan Santikan (20). Para korban selamat langsung dievakuasi ke Puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

"Korban yang lainnya belum ditemukan, karena jaraknya jauh dari lintasan kapal, dan cuaca tidak memungkinkan (cuaca buruk)," kata Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sumatra Utara, Ajun Komisaris Besar Polisi MP Nainggolan, kepada wartawan pada Senin malam.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Menurut Nainggolan, dugaan sementara bahwa kapal motor nahas itu tenggelam akibat cuaca buruk saat berlayar  dari Kecamatan Simanindo di Kabupaten Samosir dengan tujuan Tigaras, Kabupaten Simalungun.

Namun, menurut keterangan beberapa penumpang selamat, kapal Sinar Bangun tenggelam setelah kira-kira tiga puluh menit menit berlayar. Jumlah penumpang lebih 70 orang atau bahkan ratusan orang. Soalnya banyak penumpang anak-anak di dalam kapal itu. (mus)

Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata
Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024