Siap-siap, Mulai 1 Agustus Muatan Truk Berlebih Bakal Diturunkan

Sebuah truk barang over dimensi ditindak petugas dari Kemenhub beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA – Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan, selama ini pengusaha sudah terlampau lama menikmati keuntungan dari muatan berlebih. 

Bandara Internasional RI Dipangkas Jadi 17, InJourney Airports Sambut Positif

Karena itu mulai besok, Rabu 1 Agustus 2018 akan diberlakukan kebijakan penurunan muatan barang bagi angkutan yang melanggar batas muatan hingga lebih dari 100 persen.

"Dari semua negara ASEAN, hanya Indonesia saja yang persoalan ODOL-nya belum selesai. Maka kami akan maju lagi untuk mempertegas komitmen kami, kami serius untuk berantas ODOL,” kata Budi di Jakarta, Senin 31 Juli 2018. “Semua sepakat soal keselamatan itu harus zero tolerance". 

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Per awal 2018 telah diaktifkan 11 jembatan timbang (JT). Maka untuk menjamin kinerja jembatan timbang yang baik, Kemenhub juga telah menggandeng pihak ketiga untuk melakukan pendampingan yaitu dengan Surveyor Indonesia dan Sucofindo.

Dari analisis terhadap tujuh jembatan timbang di Indonesia pada 2018, ternyata perilaku operator menimbulkan pelanggaran over loading sebanyak 75 persen. Dari pelanggaran tersebut, bahkan 25 persennya adalah pelanggaran yang muatannya kelebihan 100 persen. 

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Per 1 Agustus nanti kebijakan ini mulai diberlakukan pada tiga lokasi, yaitu jembatan timbang yaitu Widang, Losarang, dan Balonggandu. Sejauh ini baru diterapkan di tiga lokasi tersebut karena secara infrastruktur lebih lengkap dibanding jembatan timbang lainnya.

Menko PMK Muhadjir Effendy laksanakan salat Id di Kantor PP Muhammadiyah.

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan target pembangunan dari perpanjangan runway Bandara Distrik Sinak, Papua s

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024