Ratusan Penumpang KM Satya Kencana Terbakar Tiba di Pelabuhan Trisakti

Para penumpang KM Satya Kencana IX yang terbakar saat tiba di Pelabuhan Trisakti
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenhub

VIVA – Para penumpang Kapal Motor Satya Kencana IX yang terbakar dilaporkan telah tiba dengan selamat di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu malam, 4 Agustus 2018. 

KM Mutiara Berkah I yang Angkut 136 Truk Terbakar Hebat di Merak, Prajurit Lanal Banten Dikerahkan

"Seluruh penumpang telah berhasil dievakuasi dengan kapal KM Niki Sae dan KM Kumala dan saat ini KM Niki Sae dan KM Kumala telah tiba di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Junaidi seperti dikutip dalam keterangan resmi Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Jakarta, Sabtu 4 Agustus 2018. 

Penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) selamat yang diangkut kapal KM Niki Sae itu berjumlah 140 orang dan 1 orang penumpang dalam keadaan meninggal. Sedangkan KM Kumala membawa penumpang dan ABK selamat sebanyak 89 orang. 

Bus Pelat Merah Penyebab KMP Royce 1 Terbakar Milik Kemendag, Mau Antar Rombongan Nikah

"Berdasarkan laporan dari KSOP Banjarmasin yang saya terima, ada satu orang penumpang dalam kondisi meninggal dunia," kata Junaidi.

Kapal KM Niki Sae tiba di Pelabuhan Trisakti pada pukul 18.50 Wita. Sementara  KM Kumala tiba pukul 20.10 Wita.

Kepanikan dan Tangisan Penumpang saat Tahu Kapal KMP Royce 1 Terbakar

Petugas medis, ambulans serta petugas KSOP Banjarmasin dan unsur terkait telah disiapkan di Pelabuhan Trisakti. Mereka membantu para penumpang kapal yang mengalami luka-luka untuk diantar ke rumah sakit terdekat.

Junaidi mengatakan, petugas KSOP Banjarmasin melakukan pendataan ulang terhadap para penumpang KM Satya Kencana IX , untuk memastikan tidak ada lagi penumpang yang belum dievakuasi.

Sementara itu, dua kapal Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus disiagakan di lokasi  terbakarnya Kapal KM Satya Kencana IX, di perairan Tanjung Selatan Kalimantan Selatan.

"Kapal KN Altair milik Disnav Banjarmasin dan KNP 363 milik KSOP Banjarmasin disiagakan di lokasi untuk melakukan penyisiran dan pengawasan terhadap KM Satya Kencana IX," ujarnya.

Saat ini, tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan investigasi penyebab terbakarnya KM Satya Kencana IX tersebut.

Sebelumnya, KM Satya Kencana IX terbakar pada lokasi 04-43.67LS/ 113-57.81BT atau sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan Kalimantan Selatan, Sabtu, 4 Agustus 2018, pukul  05.35 Wita.

Junaidi menyebutkan, informasi musibah kebakaran KM Satya Kencana IX berawal dari berita yang disampaikan Stasiun Radio Pantai (SROP) Banjarmasin.

"SROP Banjarmasin melaporkan ada informasi dari kapal KM. Niki Sae bahwa pada tanggal (4/8) pukul 05.35 WIB,  KM.Niki Sae ada komunikasi dengan kapal KM Satya Kencana IX yang mengalami musibah kebakaran pada posisi 04-43.67 LS/ 113-57.81 BT  sekitar 54 mil Barat Daya Tanjung Selatan," ujar Junaidi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya