Ayu Utami dan Salim Said Dapat Penghargaan Achmad Bakrie

Ayu Utami menunjukan Buku Sastranya
Sumber :
  • VIVAnews/Gestina Rachmawati

VIVA – Dalam rangka 73 tahun hari kemerdekaan dan sekaligus memperingati 76 tahun Kelompok Usaha Bakrie, Yayasan Achmad Bakrie bekerjasama dengan Freedom Institute & Viva Group, mempersembahkan Penghargaan Achmad Bakrie XVI/2018 Untuk Negeri.

PAB Konsisten Hingga 17 Tahun, Anies Berharap Bisa Permanen

Tahun ini Penghargaan Achmad Bakrie diberikan kepada empat tokoh masyarakat di berbagai bidang dan kewirausahaan. Salim H. Said meraih Penghargaan Achmad Bakrie di bidang pemikiran sosial. Salim mengisi ruang kosong pengetahuan publik mengenai alam pikiran tentara yang melandasi gerakan politik TNI.  

Ayu Utami mendapat penghargaan di bidang kesusastraan, karena dianggap memperluas batas cakrawala sastra Indonesia. Kemudian, Ferry Iskandar meraih penghargaan di bidang sains atas penemuan material berpendar BCNO (Boron Carbon Oksinitrida, 2008), dan belasan paten yang diperolehnya di luar negeri.

Kepala Daerah hingga Pejabat Negara Hadiri Acara PAB XVII

Serta, toko online Bukalapak mendapatkan penghargaan di bidang teknologi dan kewirausahaan. Bukalapak dinilai secara konsisten terus menerus memperluas literasi digital dalam upaya turut membangun usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia. 

Malam penganugerahan PAB XVI / 2018 akan dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Agustus 2018 pukul 20.00 WIB, di XXI Ballroom Djakarta Theatre, dan akan ditayangkan tvOne hari Jumat, 17 Agustus pukul 20.00 WIB. 

Anindya Bakrie: Peraih PAB Buktikan Indonesia Sanggup Maju

Penghargaan Achmad Bakrie merupakan perwujudan falsafah dasar Bakrie Untuk Negeri serta nilai nilai dasar trimatra Bakrie. Falsafah dasar Bakrie Untuk Negeri adalah inti sari amanah mendiang H. Achmad Bakrie yaitu, “Setiap rupiah yang dihasilkan oleh Bakrie harus bermanfaat bagi orang banyak.”

“Esensinya diambil tiga kata kunci ‘Bakrie’, ‘bermanfaat’, dan ‘orang banyak’, menjadi Bakrie Untuk Negeri”, ujar Ketua Umum Penyelenggara PAB, Ardiansyah Bakrie.

Adapun nilai dasar trimatra Bakrie terdiri atas ke-Indonesia-an, kemanfaataan dan kebersamaan. Tiga matra (dimensi) ini merupakan tekstualisasi dari inti nilai-nilai yang dianut serta dijalankan oleh H. Achmad Bakrie (1916-1988).

“Trimatra Bakrie ini melambangkan tiga pilar kehidupan manusia: kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional,” kata Ardi, panggilan akrab Ardiansyah Bakrie. 

Nilai dasar tersebut hingga kini tetap terjaga serta diimplentasikan oleh generasi penerusnya dalam Bakrie Group.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya