Mabes Polri Ungkap Pungli Ratusan Juta di Satpas Polres Kediri

Ilustrasi uang hasil pungli.
Sumber :

VIVA – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar atau Saber Pungli Markas Besar Kepolisian RI mengungkap dugaan pungutan liar di lingkungan Satpas Kepolisian Resor Kediri, Jawa Timur. Empat oknum calo, sejumlah anggota Satpas Polres Kediri dan oknum PNS Polri ditahan untuk dimintai keterangan.

KPK Pecat 66 Pegawai yang Terlibat Pungli Rutan

Operasi Saber Pungli di Satpas Polres Kediri itu terjadi pada Sabtu, 18 Agustus 2018. Tim Saber Pungli menemukan praktik pungutan biaya di luar PNPB kepada pemohon SIM. Tarif pungutan antara Rp500 ribu sampai Rp650 ribu. Pungutan ditarik oleh oknum calo berinisial HA, B, D, dan Y.

Diduga, oknum calo itu beraksi secara terkoordinasi. Hasil penyelidikan sementara, oknum calo itu menyetorkan hasil uang pungutan kepada PNS berinisial AN. Diduga kuat, uang pungutan terkumpul ratusan juta setiap bulannya. Penyelidik masih mendalami apakah uang pungutan itu mengalir ke pejabat utama Polres atau tidak. 

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Frans Barung Mangera, membenarkan informasi penindakan Saber Pungli di lingkungan Satpas Polres Kediri itu. "Benar, tapi sudah dibawa ke Mabes Polri," katanya di Markas Polda Jatim, Surabaya, pada Senin, 20 Agustus 2018.

Dia menjelaskan, kasus itu ditangani langsung oleh Mabes Polri. Adapun Polda Jatim hanya membantu. "Apakah kasus itu (nantinya) ditangani Mabes Polri ataukah akan dilimpahkan ke Polda Jatim, sampai saat ini kami masih menunggu, saya menghubungi masih belum diserahkan," ujar Barung. (mus)

KPK Eksekusi Sanksi Etik Eks Karutan Achmad Fauzi soal Kasus Pungli
Para Tersangka Kasus Pungli Rutan KPK, Termasuk Karutan Achmad Fauzie

KPK Nonaktifkan Rutan POM AL dan Pomdam Jaya Guntur Buntut Kasus Pungli

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, menonaktifkan dua rumah tahanan (Rutan), buntut dari kasus dugaan pemungutan liar alias pungli yang terjadi di dalam rutan tersebut

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024