Ryamizard Gelar Pertemuan Bilateral dengan Menhan AS di Pentagon

Menhan Ryamizard Ryacudu berkunjung ke AS
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu berkunjung ke Pentagon, Washington DC, Amerika Serikat, Rabu 29 Agustus 2018. Kedatangan Ryamizard ini untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menhan AS, James Mattis.

Jenderal Ryamizard Masuk RS

Kedatangan Ryamizard serta rombongan ke Pentagon disambut upacara militer khas AS. Penyambutan ini sebagai bentuk penghargaan karena RI mitra strategi AS. Ryamizard disambut dengan 21 dentuman meriam atau the highest honor yang merupakan penyambutan tertinggi dalam militer.

Ryamizard merespons positif sambutan Menhan AS, James Mattis. Bagi dia, cara sambutan James terhadapnya berbeda dibanding menhan dari negara-negara lain.

14 Tahun Gadai Nyawa di Medan Perang, Pria Ini Jadi Pentolan TNI

“Suatu kebahagiaan kami diterima secara pribadi oleh rekan saya Menhan AS Jenderal James Mattis. Saya memandang Jenderal Mattis adalah sahabat terdekat yang sangat istimewa untuk saya disandingkan rekan menhan-menhan lainnya di dunia,” kata Ryamizard, di Pentagon, seperti disampaikan dalam keterangan resminya, Rabu 29 Agustus 2018.

Dia mengibaratkan pertemuan bilateralnya dengan James sebagai keakraban yang sudah lama terjalin. Persamaan latar belakang karir di militer tempur sampai menjadi menhan membuat Ryamizard memandang James seperti saudara. Ia tak sungkan mengakui keakraban komunikasinya dengan James.

Jenderal TNI Ancam Teroris: Ngebom-ngebom Gue Lindes Lu!

“Jenderal Mattis dan saya selain mempunyai latar belakang pengalaman tempur militer di lapangan. Kita juga selalu berkomunikasi dengan cara surat-menyurat secara rutin,” ujar eks Kepala Staf TNI AD tersebut.

Dalam pertemuan ini, Ryamizard turut didampingi Duta Besar RI AS, Budi Bowoleksono, Irjen Kemhan Letjen TNI Thamrin Marzuki, Dirjen Strategi Pertahanan Kemhan Mayjen TNI Mohamad Nakir, dan Kabaranahan Kemhan, Laksda TNI Agus Setiadji.

 JAMPidsus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah

Jawaban Jampidsus Ditanya Kapan Periksa Ryamizard Ryacudu

Nama Ryamizard Ryacudu disebut terkait dugaan pelanggaran hukum proyek satelit Kementerian Pertahanan (Kemhan) Tahun 2015-2021.

img_title
VIVA.co.id
14 Januari 2022