Hore, Kemendikbud Angkat 100 Ribu Guru Jadi PNS Tahun Ini

Ilustrasi guru
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

VIVA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud akan melakukan pengangkatan terhadap 100 ribu guru baru untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil pada tahun ini. 

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

"Alhamdulillah, kami usulkan 100 ribu guru PNS baru dan sudah dibicarakan dengan bapak wakil presiden. Insya Allah juga disetujui menpan RB untuk tahun ini sebanyak 100 ribu CPNS seperti sudah disampaikan sebelumnya,” kata Mendikbud, Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis 30 Agustus 2018. 

Muhadjir menegaskan, penentuan proporsi guru yang diangkat, baik dari honorer maupun kategori guru Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur umum, bukanlah kewenangannya. Kemendikbud hanya akan menyampaikan kriteria-kriterianya sesuai kebutuhan. 

Kota Ini Sahkan Undang-undang yang Izinkan Guru Bawa Senjata Api ke Sekolah

“Jadi, 100 ribu itu tidak musti dari honorer semua ya. Walaupun honorer, tetap akan diprioritaskan untuk mengikuti seleksi,” tegasnya. 

Lebih lanjut, Muhadjir menuturkan, saat ini paling tidak dibutuhkan 736 ribu guru PNS baru. Kebutuhan tersebut untuk mengganti guru-guru yang pensiun, maupun penempatan di sekolah-sekolah baru, dan sekolah-sekolah di daerah khusus. 

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

“Penambahannya dilakukan bertahap setiap tahun, mulai tahun ini dengan jumlah kuota yang signifikan, setelah beberapa tahun ditetapkan moratorium pengangkatan guru PNS,” kata guru besar Universitas Negeri Malang tersebut. (asp)

Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024