Sah, Zulkifliemansyah Gantikan TGB Jadi Gubernur NTB

Presiden Jokowi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur NTB
Sumber :
  • VIVA / Fajar GM

VIVA – Presiden Joko Widodo melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2018-2023, Zulkifliemansyah dan Sitti Rohmi Djalilah di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 19 September 2018.

Debat Cawapres, TGB Sebut Mahfud Pernah di Eksekutif, Yudikatif dan Legislatif

Dilantiknya Zulkifliemansyah menandakan resminya dia menggantikan Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB).

Berdasarkan pantauan VIVA, rangkaian pelantikan dimulai dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden (Keppres) di Istana Merdeka kepada keduanya. Mereka lantas diarak dan didampingi iring-iringan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ke Istana Negara.

Sambangi TPN, Muhammadiyah Undang Ganjar-Mahfud Hadiri Dialog Publik

Prosesi pelantikan lantas dimulai di Istana Negara tepat pada 10.00 WIB. Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara pertama-tama membacakan isi dari keppres yang menjadi dasar hukum pelantikan.

Kemudian, didampingi rohaniwan, kedua pasangan kepala daerah mengucapkan sumpah jabatan mereka dengan dipimpin Jokowi.

5 Poin Penting Kunjungan Jokowi ke Afrika

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Jokowi, diikuti keduanya.

Acara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara, pengumandangan Indonesia Raya, kemudian pemberian ucapan selamat kepada pasangan kepala daerah.

Pembangunan di IKN (FOTO/ANTARA)

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

Pembangunan 1 Kota IKN Vs 40 Kota, Apa Rugi dan untungnya?

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2024