Cegah Hoax Pengaruhi Kiai, Kapolda Jatim Keliling Pesantren

Penandatanganan deklarasi kampanye damai di Polda Jatim, Surabaya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Luki Hermawan sowan keliling ke sejumlah ulama atau kiai dan pengasuh pondok pesantren. Hal itu, agar para tokoh agama di Jatim tak terpengaruh informasi palsu dan ujaran kebencian di tahun politik ini. 

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Pada Rabu, 26 September 2018, Luki mengunjungi pondok pesantren di kawasan pantai utara Jatim, yakni Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Manyar, Kabupaten Gresik, yang diasuh oleh KH Masbuhin Faqih. Setelah itu, dia sowan ke pesantren yang diasuh KH Abdul Ghofur di Kecamatan Paciran, Lamongan, yakni Ponpes Sunan Drajat. 

Selain sowan ke kiai pengasuh, Luki juga menyapa para santri di dua pesantren itu. Dia mengimbau kepada masyarakat, terutama masyarakat santri, agar tidak terprovokasi informasi palsu dan ujaran kebencian yang biasanya bertebaran di media sosial saat tahun politik. 

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Tak hanya itu. Luki juga rajin mengumpulkan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah untuk berdiskusi santai bersama seluruh elemen masyarakat Jatim. Pada Kamis, 27 September 2018, misalnya, forum discussion group digelar antara Forkopimda, KPU, Bawaslu, para pimpinan partai politik dam tim sukses di Gedung Mahameru Markas Polda Jatim.

Deklarasi kampanye damai diikrarkan bersama pada acara ini. "Kegiatan seperti ini akan dilakukan lanjutan mulai Polda hingga tingkat bawah Polres jajaran, Polsek hingga Bhabinkamtibmas serentak untuk melaksanakan pengamanan pemilu damai," kata Luki. 

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Kepolisian mengajak seluruh Forkompinda mengantisipasi permasalahan pemilu yang berpotensi mengganggu proses tahapan pemilu. "Kekuatan terbesar di Jatim adalah tolerensi keberagaaman mengolah keberagaman menjadi damai," ujar Luki.

Ayu Dewi

Awas Hoaks, Ayu Dewi Tegaskan Gak Pernah Jadi MC Peluncuran Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Ayu Dewi menegaskan tidak pernah menjadi MC untuk acara apa pun dari keluarga Sandra Dewi dan Harvey Moeis.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024