Pawai Bendera HUT TNI, Misi Patriotisme untuk Gempa Palu

Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Teguh menerima estafet pawai bendera HUT TNI
Sumber :
  • VIVA/Dedy Priatmojo

VIVA – Pawai bendera atau flag relay dalam rangka peringatan HUT ke-73 TNI berlanjut ke kota berikutnya, Balikpapan, Kalimantan Timur. Rombongan bertolak dari Lanudal Juanda, Surabaya, pukul 06.00 WIB.

Sah! Putri Isnari Resmi Menikah dengan Abdul Azis

Rombongan tiba di Bandara Sepinggan, Balikpapan pukul 09.00 Wita. Langsung disambut dandim Balikpapan, danlanud, dan danlanal. Iring-iringan dikirab ke kota Balikpapan singgah di kantor Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi.

Rizal mengaku bangga, Balikpapan menjadi salah satu kota yang disinggahi pawai bendera HUT TNI. Balikpapan menjadi kota ketujuh yang disinggahi tim pawai HUT TNI.

BMKG Temukan Ratusan Titik Panas di Kaltim, Jumlahnya Meningkat dari Sehari Sebelumnya

"Khusus bagi TNI, kami bangga kepada kalian semua. Terima kasih karena kirab ini sudah melalui Balikpapan," kata Rizal di kantor wali kota Balikpapan, Senin, 1 Oktober 2018.

Dalam kesempatan itu, Rizal juga mengajak semua pihak untuk terus membangun semangat patriotisme, sebagaimana yang selama ini dilakukan prajurit TNI dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Penyeberangan Kariangau Terkendali, Pj Gubernur Kaltim: Imbas Dibukanya Tol Samboja

Semangat patriotisme ini penting, apalagi saat ini bangsa Indonesia tengah berduka karena musibah gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Ratusan orang meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

"Saudara kita banyak jadi korban, mudah-mudahan dengan kirab yang dilaksanakan dalam rangka HUT TNI ini, semangat persatuan dan kesatuan, gotong royong, saling membantu, terus kita kibarkan untuk bangsa ini," ujarnya.

Sementara itu, pawai berlanjut ke Markas Kodam VI Mulawarman. Rombongan dikawal deretan Panser Anoa, marching band, dan pertunjukan Barongsai. Kasdam Mulawarman Brigjen TNI Teguh mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT TNI pada 5 Oktober yang akan dipusatkan di Merauke.

"Jadi kita totalitas untuk mendukung kegiatan ini, mulai dari penyambutan di bandara, di kantor wali kota, kita libatkan semua elemen masyarakat, dari TNI-Polri, dari komunitas Harley, Hartop. Kita buat semeriah mungkin," ujar Brigjen Teguh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya