Pesawat Sempat Tergelincir, Bandara Adisutjipto Kini Beroperasi Normal

Bandara Adisutjipto Yogyakarta.
Sumber :
  • Daru Waskita/VIVA.co.id

VIVA – Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA210 registrasi PK-GFY dari Jakarta menuju Yogyakarta sempat tergelincir atau mengalami over run di ujung Runway 27 ketika mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, 25 November 2018. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Pesawat yang membawa 153 penumpang ini mendarat pukul 14.00 WIB melalui Runway 09 (barat) - 27 (timur) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Petugas sisi udara PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta bersama tim Garuda Maintenance Facility dan Groundhandling Garuda Indonesia segera menuju tempat kejadian untuk melakukan evakuasi. Pesawat kemudian dipindahkan dari ujung Runway 27 menuju Apron (Parking stand 1) melalui taxiway N4 dan NP untuk dilakukan pemeriksaan.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Pukul 14.24 WIB, petugas Angkasa Pura pada Bandara Adisutjipto Yogyakarta melakukan pengecekan landasan. Dari hasil pengecekan tersebut tidak ditemukan kerusakan di area landasan sehingga runway dapat dioperasikan kembali pada Pukul 14.34 WIB.

Setelah itu, aktivitas operasional penerbangan di Bandara Intenasional Adisutjipto kembali berjalan normal.

INACA Tak Setuju Iuran Pariwisata Masuk Dalam Komponen Tiket Pesawat, Ini Alasannya

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama menyatakan bahwa pascakejadian tersebut pernerbangan di Bandara Adisutjipto Yogyakarta berjalan normal. Ia juga menyebut tak ada penerbangan yang terdampak dan tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. 

"Operasional penerbangan berjalan normal di Bandara Adisutjipto pascakejadian tersebut, juga telah dilakukan pengecekan melalui inspeksi runway guna memastikan keamanan di area landasan," kata Agus Pandu Purnama saat dihubungi.
 

Ilustrasi pesawat/traveling.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Negera-negara tetangga, seperti Asia Tenggara kerap dipilih pelancong Indonesia jika ingin berlibur ke luar negeri. Selain dekat, traveling ke sana lebih terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024