Naik Tingkat, Polda Banten Kehilangan Dua Polres

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • Polda Banten

VIVA – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyerahkan pataka Polda Banten kepada Kapolda Banten yang baru, Brigjen Polisi Tomsi Tohir, Kamis, 6 Desember 2018.

Innalillahi, Personel Polda Banten Gugur Usai Jaga Jalur Wisata Anyer

Penyerangan pataka ini sebagai tanda kenaikan tipologi Polda Banten, dari semula tipe B yang dipimpin jenderal polisi bintang satu atau brigadir jenderal menjadi tipe A yang akan dipimpin jenderal polisi bintang dua atau inspektur jenderal polisi.

"Bahwa hari ini, baru saja saya serahkan pataka Polda Banten, yang menandakan kenaikan tipologi, dari Polda tipe B menjadi tipe A," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam sambutannya di Mapolda Banten.

Puncak Arus Balik, Polda Banten Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Banten memiliki catatan panjang untuk memiliki sebuah Polda. Sekitar tahun 2000-an, saat itu Banten baru saja berdiri dan baru ada Kepolisian Wilayah (Polwil) Banten, dengan pusat komandonya berada di Polda Jawa Barat.

Kemudian, sekitar tahun 2005, berdirilah Polda Banten dengan tipe C. Kapolda dan wakapoldanya berpangkat komisaris besar (kombes).

Mudik Naik Sepeda Motor Bakal Diikuti Polisi Hingga ke Pelabuhan Ciwandan

"Saya sendiri waktu itu menjadi Kapolres di Serang. Unik juga waktu itu di tahun 2005, kapoldanya kombes, wakapoldanya kombes, saya sendiri kombes. Kemudian naik menjadi tipe B, bintang satu," ujar Tito.

Meski telah menjadi tipe A, Polda Banten baru memiliki enam polres, yakni Polres Cilegon, Polres Serang Kota, Polres Serang, Polres Pandeglang, Polres Lebak, dan Polresta Tangerang di wilayah Kabupaten Tangerang.

Sementara dua polres lagi belum bergabung di bawah Polda Banten, karena masih berada di bawah Polda Metro Jaya, yakni Polres Tangerang Selatan dan Polres Metro Tangerang di Kota Tangerang.

Menurut Tito, meskipun dua polres tersebut secara administratif berada di wilayah Provinsi Banten, tapi mobilisasi ke Tangerang lebih cepat dari Polda Metro. Namun demikian, Polri lanjut Tito, masih terus mengkaji keberadaan Polres Tangsel dan Polres Tangerang Kota.

"Setelah diskusi panjang, akhirnya Polres Kabupaten Tangerang masuk ke Polda Banten. Duanya lagi menunggu kapoldanya bintang dua," jelasnya.

Layanan Meningkat

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menambahkan peningkatan tipologi Polda Banten dari tipe B ke tipe A telah melewati berbagai tahapan, terkahir melalui penilaian yang dilakukan oleh KemenPan-RB, beberapa bulan lalu.

"Di Banten, dengan banyaknya mobilisasi dan meningkat pembangunan, ada pelabuhan, perusahaan. Karena tantangan itulah, Mabes Polri menaikkan Polda Banten dari tipe B menjadi Tipe A," jelasnya.

Setelah adanya peningkatan ke tipe A, Kapolri berharap kualitas pelayanan masyarakat di Polda Banten ikut meningkat. "Jangan sampai, kapasitas dan fasilitasnya tipe B, padahal poldanya tipe A," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya