Jalan Gubeng yang Ambles Mau Dibeton Pakai Duit APBD Surabaya

Jalan Raya Gubeng ambles
Sumber :
  • Ist

VIVA – Selain penyelidikan secara hukum, Forum Pimpinan Kota Surabaya juga merencanakan pemulihan atau recovery Jalan Raya Gubeng yang ambles karena diduga akibat pekerjaan proyek bassement di sisi kiri jalan. Sementara, dana pemulihan direncanakan memakai anggaran cadangan dari APBD pemerintah kota setempat.

Jalan Ambles di Kawasan Olimo Jakarta Barat, Polisi sebut Tidak Ada Pengalihan Arus

Wakil Wali Kota Surabaya Wishnu Sakti Buana mengatakan, tim masih mensurvei lokasi untuk proses pemulihan jalan. Ahli konstruksi dimintai pendapat. Usulan sementara, lubang amblesan selebar kira-kira 30 meter akan ditutup dan dibuat jalan kembali dengan beton.

Soal anggaran recovery, Wishnu mengatakan, bahwa Pemkot menyediakan dana cadangan dari APBD setempat. Belum diketahui pasti berapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk keperluan itu. "Kita memang ada anggaran cadangan untuk keperluan seperti itu," katanya.

Jalan Ambles Ciawi-Sukabumi Makin Lebar, Jalur Ditutup Total

Dana dari APBD itu dikeluarkan hanya semacam talangan. Meminta pertanggungjawaban pihak pengembang atau kontraktor proyek basement yang diduga jadi penyebab amblesnya jalan secara cepat, menurutnya, tidak mungkin. Sebab, pelaksana proyek masih mengikuti proses hukum dalam kasus itu.

Setelah proses hukum selesai dan dipastikan pelaksana proyek bersalah, dana APBD yang dikeluarkan untuk recovery ditagihkan kepada pelaksana proyek. "Ini untuk kepentingan masyarakat, perkara nanti berapa yang kita keluarkan, kita tagihkan ke pihak swasta yang bertanggung jawab, bukan terus ditanggung APBD," katanya.

Longsor di Kabupaten Semarang Meluas Hingga 16 Hektare, Jalan Ambles 30 Meter

Tim recovery jalan di Raya Gubeng yang ambles diserahkan kepada Pemkot Surabaya dan Kepolisian Resor Kota Besar setempat. Penyelidikan kasus ditangani oleh tim investigasi yang dipimpin oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Brigadir Jenderal Polisi Toni Harmanto.

Jalan Raya Gubeng Surabaya mendadak ambles pada Selasa malam, 18 Desember 2018, sekira pukul 21.45 WIB. Permukaan jalan tersedot ke dalam jurang sedalam 20 meter akibat amblesan tersebut. Diduga kuat, tanah ambles karena aktivitas proyek bassement di sisi kiri jalan. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. (mus)

Kondisi saat jalan negara putus

Jalan Negara di Sepaku Ambles Dilintasi Truk Sawit, Jalur ke IKN Terputus

Akses jalan utama menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) putus total, pada Senin, 29 Januari 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024