BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Selat Makassar

Ilustrasi gelombang tinggi di laut.
Sumber :
  • Diki Hidayat/ VIVA.co.id

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan ketinggian gelombang laut. 

Demo di Makassar, Gabungan Ormas Islam Tuntut Menag Yaqut Dicopot

Berdasarkan hasil pengamatan satelit BMKG, ketinggian ombak di Selat Makassar, Sulawesi Selatan mencapai 2,5 hingga 4,0 meter.

"Waspada gelombang tinggi 1,25-2,5 meter terjadi di Perairan barat Sulawesi Selatan dan 2,5 -4,0 meter terjadi di Perairan barat Sulawesi Selatan, dan gelombang tinggi 2.5 - 4.0 meter terjadi di Selat Makassar bagian Selatan," kata Kepala Bidang Sub Pelayanan Jasa Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika wilayah IV Makassar, Siswanto, Rabu, 2 Januari 2019.

Berhari-hari Diguyur Hujan, Makassar Kebanjiran

Kondisi gelombang ini dinilai sangat berbahaya bagi pengguna jasa laut, khususnya nelayan. Selain Selat Makassar, gelombang tinggi juga terjadi di Perairan Kepulauan Selayar, Perairan Kepulauan Sabalana dan Laut Flores.

Dalam keterangan tertulis, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini agar waspada hujan sedang-lebat disertai kilat dan petir, serta angin kencang yang akan melanda beberapa wilayah Sulsel, seperti Kota Makassar, Palopo, Kabupaten Gowa, Masamba, Rantepao, Pangkep, Maros, Makale, Bulukumba, dan Barru. (mus)
 

Kapal Angkut Pemancing di Makassar Tenggelam Diterjang Ombak, 1 Hilang
Ilustrasi penembakan

Tembak Warga Diduga Mabuk, Seorang Polisi Diamankan Propam

Warga yang diduga mabuk itu meneriaki polisi tersebut dengan kata-kata kasar. Warga tersebut lantas melawan ketika tasnya digeledah.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022