Ridwan Kamil Ingin Kontrol Langsung 40 Proyek Strategis Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA – Sebanyak 40 proyek strategis bidang infrastruktur dan pariwisata yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, yang merupakan realisasi program Gubernur Ridwan Kamil, mulai dilaksanakan pada 2019.

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Sejumlah proyek itu adalah revitalisasi atas infrastuktur yang telah ada. Di antaranya, revitalisasi Kalimalang, Waduk Darma, Pantai Pangandaran, Situ Bagendit, Situ Ciburuy, Alun-alun Cirebon, Alun-alun Sumedang, Alun-alun Tasikmalaya, Alun-alun Sukabumi, Gunung Padang dengan kebutuhan anggaran mencapai Rp1,5 triliun.

Dalam perjalanannya, Kementerian Dalam Negeri mengevaluasi proyek tersebut dengan memutuskan kewenangan lelang berada di Pemda maupun Pemerintah Kota selaku pemilik wilayah lokasi proyek.

Jasad Ibu dan Dua Anak Korban Longsor di Garut Ditemukan

"Jadi ada evaluasi dari Kemendagri terkait program strategis Gubernur, lelangnya dilakukan oleh daerah tingkat II. Tapi kami masih menunggu surat resminya karena ini baru informasi," ungkap Ridwan di Bandung, Jumat 4 Januari 2019.

Seharusnya, lanjut Ridwan, programnya harus dilaksanakan langsung oleh gubernur agar maksimal dalam pelaksanaan dan pengawasannya. Ridwan memastikan cara tersebut tetap menjaga hak kepemilikan aset di masing masing pemerintah daerah di Jabar.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

"Idealnya sih sama kita, walaupun asetnya ada di tingkat II, biar enak juga mengontrolnya. Nanti dikembalikan lagi ke tingkat II setelah proyek selesai, tapi ini masih berlangsung," katanya.

Ridwan menambahkan, 40 proyek itu ditargetkan rampung akhir 2019 dengan target bermanfaat untuk seluruh aspek sosial kemasyarakatan. “Semua dimensi kehidupan juga disentuh, seperti pendidikan karakter, desa mandiri, kesehatan termasuk keagamaan," kata mantan Wali Kota Bandung itu. (ren)

Podomoro Park Bandung.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Tak hanya properti perumahannya saja yang menjadi fokus perusahaan. Tapi sarana dan fasilitas umum pun dipastikan lengkap untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024