Sepanjang Hari Ini, Wilayah Selat Sunda Diguncang 11 Gempa Beruntun

BMKG.
Sumber :
  • Ifan Gusti/VIVA.co.id

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG merilis bahwa di wilayah selat Sunda terjadi aktivitas gempa beruntun sebanyak 11 kali dengan masing-masing magnitudo M=3.1, M=3.0, M=3.1, M=3.3, M=3.3, M=3.9, M=4.1, M=3,5, M=4.0, M=2.8 dan M=2.8 pada Kamis, 10 Januari 2019. 

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

"Masing-masing memiliki kedalaman hiposenter 1 kilometer pada rentang waktu mulai 16.59 WIB–18.35 WIB. Aktivitas gempa ini berada dalam radius 36,5 km dari Gunung Anak Krakatau," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangannya.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil  monitoring BMKG melalui Tide Gauge milik Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Water Level milik BMKG menunjukkan bahwa hingga pukul 18.35 WIB, aktivas gempa tersebut tidak menyebabkan peningkatan ketinggian muka air laut (tsunami) di sepanjang pantai Selat Sunda. 

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

"Aktivitas gempa tersebut terdeteksi di 7 stasiun seismik milik BMKG yakni di Tangerang, Serang, Cigeulis, Muara Dua, Bandar Lampung, Sukabumi, dan Liwa," katanya. 

Menurut dia, sejak terjadi tsunami di Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu, hingga hari ini, hasil monitoring BMKG telah berhasil menentukan parameter 28 aktivitas kegempaan di Gunung Anak Krakatau. 

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

"Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh informasi atau berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tuturnya. (ase)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024