Logo timesindonesia

Kemenag Berencana Bangun Pusat Halal Tahun Ini

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin (Foto: Kemenag RI for TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Sebagai fasilitas bagi keberlangsungan operasional Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang diharapkan sudah beroperasi Oktober 2019 mendatang, Kementerian Agama RI (Kemenag RI) akan segera membangun Pusat Halal Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat menutup Rapat Koordinasi Nasional Pengelola Kegiatan dengan Pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) pada Kementerian Agama tahun 2019, di Jakarta pada Jumat (1/2/2019).

"Tahun ini, SBSN juga kita arahkan untuk membangun dua pusat layanan. Pertama, Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT), dan kedua, Pusat Layanan Halal," tegasnya.

Menurut Menag, BPJPH pada Oktober nanti sudah harus mulai running, tepatnya mulai 17 Oktober 2019 untuk mulai melayani segala aktivitas terkait kehalalan produk-produk kosmetika, obat-obat dan sebagainya.

Tak lupa Menag berpesan pada jajarannya untuk mengawal proses pembangunan dengan SBSN ini agar bisa tepat sasaran, tepat guna dan berdampak pada peningkatan pelayanan umat.

"Kawal betul proses pembangunan dengan SBSN ini agar betul-betul on the track. Sesuai peraturan. Bukan hanya sesuai norma hukum, tapi juga sesuai norma agama kita," tegas Menag.

Selain Pusat Halal Indonesia, SBSN sudah digunakan Kemenag RI untuk membangun fasilitas tiga layanan sejak 2014 silam, yakni madrasah, gedung-gedung PTKIN serta Balai Nikah dan Manasik Haji. (*)