Hujan Deras, Bandara Adisutjipto Yogya Ditutup Sementara

Bandara Adisutjipto.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA –  Bandara International Adisutjipto, Yogyakarta, ditutup sementara, karena hujan deras yang mengguyur landasan pacu atau runway, Rabu 13 Maret 2019. Bandara Adisutjipto ditutup mulai pukul 14.37 WIB. 

Intensitas Hujan Tinggi, Bandara Adisutjipto Ditutup 2 Jam

Communication and Legal Section Head Bandara Adisutjipto, Rio Hendarto Budi Santoso mengatakan, penutupan runway dilakukan pada pukul 14.37 WIB. Ada empat penerbangan yang terdampak, karena penutupan sementara Bandara Adisutjipto ini.

"Penerbangan terdampak ada empat, yakni (on ground) GA 211 JOG-CGK ps 05 dan IW 1812 JOG-Sub ps, serta (Holding Airspace) IW 1845 Sub-JOG dan QG 780 KNO-JOG," ujar Rio.

Airnav Pastikan Bandara Lombok Kondusif dan Beroperasi

Rio menyebut, alasan penutupan Bandara Adisutjipto, karena faktor cuaca. Faktor cuaca ini menyebabkan jarak pandang pilot di bawah standar minimal penerbangan.

"Alasan penutupan karena cuaca, Aerodrome JOG closed pukul 14.37 WIB. Tercatat, visibility di Bandara Adisutjipto 500 m (below minimal) dengan kecepatan angin 7-20 knot," papar Rio.

Gunung Agung masih Berbahaya, Bandara Lombok Kembali Ditutup

Rio mengungkapkan, Bandara Adisutjipto kembali dibuka pada pukul 15.24 WIB. Saat ini, penerbangan Bandara Adisutjipto sudah beraktivitas semula.

"Runway sudah dibuka kembali pada pukul 15.24 WIB. Saat ini, aktivitas penerbangan di Bandara Adisutjipto berjalan normal, setelah dievaluasi kondisi cuaca dan visibility dinilai aman bagi penerbangan," ujar Rio. (asp)

Bandara Tjilik Riwut di Kalimatan Tengah.

Akibat Kabut Asap, Sejumlah Bandara di Kalimantan Ditutup Sementara

Sejumlah penerbangan mengalami penundaan, ada yang dibatalkan

img_title
VIVA.co.id
17 September 2019