Logo timesindonesia

Yogyakarta Bakal Miliki Fasilitas VIP untuk Penderita Kejiwaan

Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyapa pegawai RSPAU dr S. Hardjolukito Yogyakarta. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyapa pegawai RSPAU dr S. Hardjolukito Yogyakarta. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr S. Hardjolukito Yogyakarta sedang menyiapkan pembangunan sebuah paviliun psikiatri berkelas very important person (VIP) untuk melayani pasien dengan masalah kejiwaan. Peletakan batu pertama pembangunan fasilitas paviliun psikiatri itu dilakukan Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

“Paviliun psikiatri ini akan menjadi yang pertama di Yogya,” kata Yuyu, Selasa (19/3/2019). 

Pavilliun untuk pasien penyakit jiwa itu akan dibangun satu lantai dengan menempati lahan sekitar 500 meter persegi di dalam areal kompleks RSPAU. Pavilliun itu dipastikan konsep pelayanannya berbeda dengan tempat sejenis lainnya untuk merawat pasien gangguan jiwa yang selama ini sudah ada.

Kepala Rumah Sakit dr S Hardjolukito Yogyakarta Marsekal Pertama TNI DR. dr. Isdwiranto Iskanto menuturkan paviliun itu akan menjadi layanan kesehatan pertama serta satu-satunya tempat perawatan pasien kejiwaan dengan standar tinggi atau kelas satu di DIY.

“Kami membuat paviliun ini untuk lebih membuat privasi pasien terjamin,” terang Isdwiranto.

Selama ini tak sedikit pula pasien dengan sakit jiwa atau depresi datang dari kalangan orang mampu namun mereka malu kalau sampai dirawat di rumah sakit kejiwaan umum yang tidak memiliki akses untuk menjaga privasi.

“Nah, paviliun psikiatri di rumah sakit ini akan menyediakan itu (privasi) lebih terjamin. Tak hanya pasien penyakit jiwa, tapi paviliun ini bisa digunakan untuk perawatan mereka yang menjalani rehabilitasi narkoba,” jelas Isdwiranto.