Balas Dendam, Malaysia Ancam Batal Beli Jet Tempur Eropa

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Afriadi Hikmal

VIVA – Pemerintah Malaysia mengancam untuk membatalkan pembelian jet tempur dari Eropa, sebagai pembalasan terhadap langkah diskriminasi Uni Eropa atas produk minyak sawit Malaysia.

Ini Penampakan Patok Batas RI Malaysia yang Dirusak Saat Ditemukan TNI

Malaysia merupakan produsen minyak kelapa sawit terbesar kedua di dunia setelah Indonesia, yang baru-baru ini mengancam akan membawa Uni Eropa ke Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organization.

Malaysia dan Indonesia tengah menghadapi polemik dengan parlemen Uni Eropa, yang menganggap sawit telah menyebabkan maraknya deforestasi dan perusakan satwa liar.

10 Tahun Kabur ke Malaysia, Pembunuh di Jember Akhirnya Ditangkap

Dalam pernyataannya yang paling keras, Perdana Menteri, Mahathir Mohamad, mengatakan, negaranya akan mencari produsen lain untuk membeli pesawat tempur, dan akan meninggalkan rencana untuk membeli jet Rafale dari Prancis atau Eurofighter Typhoon.

"Jika mereka terus mengambil tindakan terhadap kami, kami akan berpikir untuk membeli pesawat tempur dari China atau negara lain," kata Mahathir, seperti dikutip oleh kantor berita resmi Bernama, Senin 25 Maret 2019.

Marah Patok Batas RI Malaysia Dirusak, Brigjen TNI Ronny: Sah Ditembak

Namun, Mahathir mengatakan, dia tidak akan menyatakan perang terhadap Uni Eropa, karena negaranya membutuhkan barang-barang dari blok tersebut. Banyak negara anggota UE yang menjadi mitra dagang utama Malaysia. (art)

VIVA Militer: Prajurit Yonif 144/JY di perbatasan RI - Malaysia.

Nasib Baik Pak Leman Perusak Patok Batas RI Malaysia saat Disergap TNI

Pak Leman tak ditembak.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022