Ridwan Kamil Resmikan Desa Digital ke-150 di Jawa Barat

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan program Desa Digital di Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 14 April 2019.
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan program Desa Digital di Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Desa Sirnarasa adalah desa ke-150 dari 5.500 desa di Jawa Barat yang mendapatkan bantuan pengembangan akses internet.

Gunung Ibu di Halmahera Barat Meletus, 16 Desa Terdampak

“Hari ini kita membuka pintu, pintu segala rupa, pintu ilmu, insya Allah. Tugas pemerintah tiap hari membawa kemajuan. Anak cucu harus lebih pintar dari orang tuanya,” ujar Ridwan di Sukabumi Jawa Barat, Minggu, 14 April 2019.

Pemerintah Provinsi berharap masyarakat desa dapat menggunakan akses internet dengan tetap memperhatikan batasan dan kepatutan agar terhindar dari konten negatif, seperti pornografi dan hoax. Transisi pola dalam perekonomian di Desa Sirnarasa pun meningkat. 

Banjir Bandang Terjang Melawi Kalbar, 700 KK dari 17 Desa Terdampak

“Apa dampaknya yang langsung? Bisa nonton bareng, pilih sama kepala desanya, nonton Persib, channel thowaf di Mekah, nonton pengajian. Zaman sekarang kita harus promosi. Sirnarasa ini indah sekali: ke bawah bisa lihat laut tapi harus dipromosi, bikin suguhannya (sajiannya) jadi kulinernya maju,” katanya.

Program desa digital, menurutnya, dapat menstimulus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mempromosikan produk lokal. Internet memanh harus dapat diakses oleh desa-desa. Lagi pula sekarang masyarakat desa banyak yang menggunakan ponsel dengan koneksi internet.

Pengguna Internet di Indonesia Tinggi, tapi Bukan Tanpa Masalah

“Cita-cita [saya] dalam lima tahun sebagai gubernur, kalau bisa semua desa ada internet gratis, setiap tahun berarti membangun seribu desa dengan seribu infrastruktur internet; kalau sehari berarti satu hari tiga desa kita pasang,” katanya. (ase)

Video Bocah Bojonggede Nangis Minta Makan Viral, Pengunggah Minta Maaf

Camat Bojonggede Bantah Pidanakan Konten Kreator yang Viralkan Gibran Kelaparan

Camat Bojonggede, Tenny Ramdhani membantah mengintimidasi dan mengancam konten kreator Ahmad Saugi, yang memviralkan Gibran menangis kelaparan

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024