Gunung Agung Erupsi, Abu Vulkanik Membumbung 2 Km dari Puncak

Gunung Agung erupsi.
Sumber :
  • PVMBG

VIVA – Gunung Agung kembali erupsi. Gunung setinggi 3.142 mdpl itu dilaporkan erupsi pada Minggu 21 April 2019 pukul 03.21 WITA. Dari laporan periodik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak  atau sekitar 5.142 meter di atas permukaan laut).

Angkasa Pura I Layani 5,5 Juta Penumpang di Januari 2024

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi sekitar 2 menit 55 detik. Semburan abu vulkanik Gunung Agung dirasakan warga di sejumlah daerah.

Tak hanya sekitaran Kabupaten Karangasem, abu vulkanik juga dirasakan warga di daerah lainnya seperti Kabupaten Klungkung, Gianyar, Kota Denpasar, Kabupaten Badung hingga Tabanan. Namun, sejauh ini kondisi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai masih beroperasi secara normal.

Media Asing Soroti Macet Parah di Bali, Jalanan Sempit Hingga Parkir Buruk

"Bandara masih aman terkendali," kata Comminication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim, Minggu 21 April 2019.

Saat ini Gunung Agung berada pada level III atau siaga. PVMBG merekomendasikan kepada masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh areal di dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung.

Kapolri Ungkap Langkah Atasi Macet Horor agar Tak Terulang di Bali

Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di areal puncak. Areal landasan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. 

Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024