Media Asing Soroti Macet Parah di Bali, Jalanan Sempit Hingga Parkir Buruk

Suasana malam tahun baru 2024 di GWK Bali dan Pantai Kuta.
Sumber :
  • VIVA/Maha Liarosh.

Bali –  Kemacetan yang terjadi di Bali menjelang pergantian tahun 2023/2024 akibat membludaknya wisatawan yang berkunjung ke Bali bukan hanya menjadi perhatian nasional. Kemacetan di Pulau Dewata yang merupakan salah satu destinasi wisata populer dunia ini juga menjadi sorotan media asing.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

New York Post menurunkan artikel berjudul 'Bali Residents predict Fat Boy Slim's NYE concert will end in nightmare'.

Dalam artikelnya, media yang berbasis di Amerika Serikat itu mengkhawatirkan perayaan tahun baru di Berawa, Kabupaten Badung, Bali akan berakhir dengan mimpi buruk.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Penampilan Fatboy Slim di Mola Chill Festival

Photo :

Tanpa ada penambahan kendaraan, jalanan di Berawa sudah macet. Malam Tahun Baru ini akan menjadi malam terburuk yang pernah ada. Ditambah lagi, jalan di Berawa sempit dan diapit oleh pohon, deretan sepeda motor yang diparkir hingga warung pinggir jalan dan pertokoan.

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Tulisan New York Pos yang dimuat pada Jumat, 29 Desember 2023 itu mengungkapkan kekhawatiran warga Berawa dalam konser DJ Fatboy Slim asal Inggris di sebuah klub pantai. Konser itu diperkirakan dihadiri oleh 20.000 pengunjung.

Akhir tahun 2023, lalu lintas di Bali banyak dikeluhkan oleh wisatawan. Lalu lintas macet total. Puncaknya terjadi pada Jumat, 29 Desember 2023 di seluruh jalur menuju dan keluar bandara Ngurah Rai.

PT Jasamarga Bali Tol menyebut, antrean kendaraan yang masuk gerbang tol mulai terlihat pada Jumat, 29 Desember 2023 sekitar pukul 15.00 WITA. Petugas tol mendapati bahwa penumpukan kendaraan itu diakibatkan oleh pengguna jalan yang akan menuju Bandara Ngurah Rai.

"Kendaraan yang masuk pada waktu terjadi antrean panjang, Jumat, 29  Desember 2023 di luar perkiraan. Total jumlah kendaraan, roda empat dan roda dua mencapai 73.000, dan tertinggi sejak tol beroperasi," kata Manager Operasi dan Maintenance PT Jasamarga Bali Tol I Putu Gandi Ginantra.

Kemacetan di Tol Bali Mandara hingga ruas jalan menuju Bandara Ngurah Rai Bali yang terjadi pada Jumat, 29 Desember 2023.

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh.

Sedangkan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat rapat koordinasi di Bali, Minggu, 31 Desember 2023 mengatakan, tokoh oleh-oleh jadi salah satu sebab pemicu kemacetan.

"Logikanya kalau satu tempat punya kapasitas 10 parkir kendaraan jangan menampung 20," kata Budi Karya.Sumadi

Sementara, Pj Gubernur SM Mahendra Jaya dalam rapat koordinasi tersebut mengungkapkan, berita yang viral di medsos terkait kemacetan disebabkan oleh sejumlah faktor. Diperparah lagi, adanya penyempitan ruas di titik kemacetan karena persimpangan jalan Kuta Utara ke Selatan banyak destinasi wisata, hotel serta pemukiman padat penduduk.

"Sebagian besar menggunakan kendaraan pribadi, taksi online maupun kendaraan sewaan terutama di arah Bandara serta Kuta Selatan dan Utara,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya