Jambi Tes Urine Dadakan Bagi Pilot dan Awak Pesawat di Bandara

Tes urine pilot, copilot, pramugara dan pramugari Garuda Indonesia
Sumber :
  • VIVA / Syarifuddin Nasution (Jambi)

VIVA – Demi menjamin keselamatan para penumpang arus mudik lewat jalur udara, khususnya dari Jambi ke berbagai tujuan di Pulau Jawa, para pilot dan awak kabin di Bandara Sultan Thaha Saifudin Jambi wajib menjalani tes urine.

ASN Satpol PP Aceh Digerebek BNN Usai Pesta Sabu

Tes urine ini dilakukan langsung Badan Narkotika Nasional Jambi secara mendadak ke bandara dan pesawat. Kali ini awak maskapai yang diperiksa adalah Garuda Indonesia

Informasi dihimpun VIVA, sasaran operasi kali di tujukan kepada pilot, kopilot, pramugara dan pramugari. Kepala BNNP Jambi, Brigjend Pol Heru Pranoto mengatakan pemeriksaan  dilakukan untuk mendukung keselamatan dalam penerbangan. Terutama dalam proses arus mudik lebaran 1440 H.

Tes Urine Negatif, Ini Alasan Naufal Samudra Tetap Rehabilitasi

"Pengecekan tes urine kepada awak maskapai penerbangan ini untuk mendukung kelancaran arus mudik 2019," ujar Heru, Sabtu 1 Juni 2019

Heru menyebutkan hasil tes urine yang dilakukan petugas pada pilot, copilot, pramugari dan pramugara pada maskapai Garuda Indonesia, urinenya negatif.

Hasil Tes Urine Naufal Samudra Diumumkan Hari Ini

"Dari belasan orang maskapai, semua negatif saat test," ucap dia.

Tidak sampai di situ, pelayanan dan keselamatan dalam penerbangan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jambi akan terus melakukan pemeriksaan pada maskapai penerbangan lainnya secara rutin hingga arus balik 2019 nanti.

"Gelar tes urine ini kita buat secara dadakan ke maskapai penerbangan guna memastikan kondisi pilot maupun copilot dalam keadaan yang fit, dan kita tidak bisa memberitahu kepada pihak bandara maupun kepada pilot, copilot, pramugari saat tes urine," kata dia.

Dari pantauan di Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi tampak satu per satu pilot, copilot, pramugari dan pramugara test urine di dalam pesawat Garuda Indonesia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya