Presiden Jokowi Akan Menjadi Inspektur Upacara Pemakaman Ani Yudhoyono

Makam Ibu Negara Ani Yudhoyono di TMP Kalibata
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA –  Istri dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono meninggal dunia di Singapura, Sabtu, 1 Juni 2019, pukul 11.50 waktu setempat. Malam harinya, jenazah almarhumah Ani Yudhoyono langsung diterbangkan dari Singapura ke Indonesia. 

Lulus Disertasi Doktor, Ibas Menangis Kenang Ibu Ani Yudhoyono

Jenazah Ani Yudhoyono diterbangkan ke Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Usai tiba di bandara, jenazah Ani Yudhoyono langsung diberangkatkan ke kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat. 

Chief Communication Officer The Yudhoyono Institute, Ni Luh Putu Caosa Indryani menjelaskan, mengenai rencana prosesi pemakaman jenazah Ani Yudhoyono  di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, 2 Juni 2019.

Khofifah: Museum SBY-Ani di Pacitan Selesai 2021

Menurut dia, pada pukul 08.00 WIB jenazah Ibu Ani akan disemayamkan di Pendopo Cikeas untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang akan memberikan penghormatan terakhir.

"Pada 12.00 WIB, dilakukan salat dzuhur berjamaah dilanjutkan salat jenazah di Pendopo Cikeas," kata Ni Luh Putu Caosa dalam keterangannya di Jakarta. 

SBY Ciptakan Lagu Gunung Limo Mengenang Ani Yudhoyono, Amat Syahdu

Selanjutnya pada pukul 13.30 WIB dilakukan upacara persemayaman jenazah almarhumah Ibu Ani Yudhoyono di Pendopo Cikeas, dilanjutkan dengan perjalanan menuju TMP Kalibata. Posisi Inspektur Upacara dipercayakan pada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Bambang Susetyo. 

Untuk rute perjalanan rombongan jenazah almarhumah Ibu Ani Yudhoyono menuju ke TMP Kalibata akan dimulai dari kediaman di Puri Cikeas, lanjut melalui jalan alternatif Trans Yogi Cibubur-masuk pintu Gerbang Tol Cibubur arah Jakarta-Jalan Tol Jagorawi-Cawang-Tol Dalam Kota-Keluar Pintu Tol Pasar Minggu Pancoran-Jalan Raya Pasar Minggu-Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Upacara pemakaman jenazah almarhumah Ibu Ani Yudhoyono akan dimulai pada pukul 15.00 WIB. Presiden RI Joko Widodo akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya