Punya Tanda Jasa dari Negara, Ani Yudhoyono Berhak Dimakamkan di TMP

Liang kubur yang disiapkan untuk jenazah Ibu Negara Ani Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA –  Jenazah almarhumah Ibu Kristiani Herrawati atau Ibu Ani Yudhoyono akan di kebumikan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, 2 Juni 2019.

Lulus Disertasi Doktor, Ibas Menangis Kenang Ibu Ani Yudhoyono

Direktur Kepahlawanan Kementerian Sosial Hotman, mengatakan jenazah ibu Ani Yudhono dimakamkan di TMP Kalibata karena almarhum memiliki tanda jasa atau tanda kehormatan.

"Namanya Bintang Republik Indonesia Adipradana sesuai dengan Kepres nomor 80 tahun 2011. Jadi artinya memang atas dasar itu lah beliau berhak dimakamkan di Kalibata ini," kata Hotman di lokasi. 

Khofifah: Museum SBY-Ani di Pacitan Selesai 2021

Ia menjelaskan, Kemensos telah mempersiapkan prosesi pemakaman terhadap jenazah almarhumah Ani Yudhoyono seperti  menyiapkan liang makam, dan penyiapan tenda kursi. 

"Iya kita menyiapkan baik tempat pemakamannya, tenda untuk tata upacaranya itu kewenangan dari Kementerian Sosial," katanya. 

SBY Ciptakan Lagu Gunung Limo Mengenang Ani Yudhoyono, Amat Syahdu

Berdasarkan pantauan VIVA, lokasi liang lahat untuk jenazah Ani Yudhoyono telah digali, dan persis di atas galian ini ada karpet merah, dan terdapat tenda juga. 

Liang lahat ini persis berada di samping Ibu Asri Ainun Habibie, istri dari Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie. 

"Posisi persisnya di Blok M 129 yang berdekatan dengan Ibu Ainun Habibie," tutur Hotman. 

Ani Yudhoyono istri Presiden ke 6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono, meninggal dunia di tengah perjuangannya melawan kanker darah (leukemia). Ani Yudhoyono meninggal di National University Hospital, di Singapura, pukul 11.50 waktu setempat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya