Pemakaman Ani Yudhoyono, Ibas dan Agus Ikut Turun ke Liang Lahat

Pelepasan Jenazah Ibu Ani Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Upacara pemakaman Ani Yudhoyono dimulai. Dua putra Ani dan SBY, Agus Harimurti Yudhoyon atau biasa disapa AHY dan Edi Baskoro Yudhoyono atau biasa disapa Ibas ikut berperan aktif dalam proses pemakaman.

Khofifah: Museum SBY-Ani di Pacitan Selesai 2021

Ibas dan Agus ikut turun ke dalam liang lahat dan mengatur jasad ibu Ani Yudhoyono. Tak lama, Agus dan Ibas kembali naik ke atas. Sebelum dikubur, Presiden Joko Widodo dan Presiden SBY melempar tanah menggunakan sekop sebagai simbol persiapan menutup liang lahat. 

Sebelum liang lahat ditutup, seluruh keluarga SBY menaburkan bunga dan menyiramkan air mawar ke dalam liang lahat. SBY, juga Agus dan Ibas, hingga menantu dan cucu SBY juga ikut menaburkan bunga. Setelah proses tabur bunga, petugas mulai menutup liang lahat. 

SBY Ciptakan Lagu Gunung Limo Mengenang Ani Yudhoyono, Amat Syahdu

Presiden Jokowi memimpin upacara penguburan, sedangkan SBY duduk di deretan VVIP bersama mantan Wapres Boediono, BJ Habibie, Iriana, Megawati Soekarnoputri, dan Sinta Nuriyah. 

Selesai upacara penguburan, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan duka. Jokowi menyampaikan, hari ini seluruh rakyat Indonesia berkabung atas kepergian Ani Yudhoyono.

Kenang Pramono Edhie, Ibas: Siap Donorkan Tulang Sumsum untuk Memo

"Beliau meninggalkan kita di bulan Ramadan, bulan yang penuh rahmat. Meninggal di hari-hari terakhir Ramadan, semoga Beliau husnul khotimah," ujar Jokowi, seperti disiarkan oleh tvOne, Minggu, 2 Juni 2019.

Para pelayat secara spontan mengucapkan "aamiin," atas doa tersebut. (ase)

Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas

Lulus Disertasi Doktor, Ibas Menangis Kenang Ibu Ani Yudhoyono

Ibas mengangkat tema disertasi mengenai pembiayaan sektor pariwisata. Ia secara khusus menyoroti Labuhan Bajo.

img_title
VIVA.co.id
10 Juni 2021