Arus Balik Kendaraan Pribadi Dimulai, Angkutan Umum Belum

Inspektur Jenderal Kemenhub Wahju Satrio Utomo
Sumber :
  • VIVA/Fajar Ginanjar

VIVA – Kementerian Perhubungan melaporkan bahwa arus balik mudik Lebaran dimulai dan jumlah kendaraan pribadi yang balik telah meningkat pada Jumat, 7 Juni 2019. Sementara, kepadatan di terminal, bandara, juga pelabuhan, belum menunjukkan peningkatan berarti.

Catat, Ini Jadwal Penjualan Tiket Kereta Api Periode Idul Fitri 2022

Menurut Inspektur Jenderal Kemenhub Wahju Satrio Utomo, memang lebih banyak kendaraan pribadi yang lewat jalan tol hari ini, sementara di terminal-terminal belum tampak peningkatan.

Puncak arus balik, kata Wahju, diperkirakan terjadi pada akhir pekan, Sabtu-Minggu, 8-9 Juni 2019. Pada dua hari itu, peningkatan arus balik juga akan terjadi di bandara, terminal, dan pelabuhan.

Kemenkes Yakin Omicron Siluman Tak Bikin Lonjakan Kasus Jelang Lebaran

Dalam telekonferensi video di kantor Kemenhub, Jakarta, ia meminta kepala-kepala terminal, pelabuhan, dan bandara, memastikan ketersediaan angkutan lanjutan dari fasilitas-fasilitas perhubungan yang mereka kelola. Itu akan membuat perjalanan para pemudik balik betul-betul lancar hingga tujuan akhir mereka.

"Harapannya tidak terjadi penumpukan penumpang di pelabuhan, bandara waktu arus balik. Jadi para pemudik balik bisa langsung tersalurkan lagi melalui jalur darat," ujarnya.

Waskita: Perbaikan 2 Ruas Tol Trans Sumatera Rampung Sebelum Lebaran
Pemudik. Foto: dokumen pribadi

Mudik di Desa Penari

Mudik dan urbanisasi menjadi bagian dari rangkaian lebaran. Keduanya mempunyai dampak yang tak terelakan.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2022