Erupsi, Gunung Sinabung Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 7 Ribu Meter

Gunung Sinabung erupsi 31 Mei 2019
Sumber :
  • Kementerian ESDM Badan Geologi PVMBG

VIVA - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali menunjukkan aktivitas erupsi dengan semburkan abu vulkanik setinggi tujuh ribu meter, pada Minggu sore, 9 Juni 2019, sekitar pukul 16.28 WIB.

Gunung Sinabung Erupsi Dua Kali Hari Ini, Lontarkan Abu Vulkanik

"Erupsi Gunung Sinabung ?dengan tinggi kolom abu teramati 7.000 meter di atas puncak 9.460 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi 9 menit 17 detik," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra, saat dikonfirmasi VIVA.

Armen menjelaskan erupsi tersebut disertai luncuran awan panas ke arah tenggara 3,5 kilometer dan selatan 3 kilometer serta terdengar suara gemuruh sampai ke pos pengamatan Gunung Api Sinabung.

Erupsi Gunung Sinabung, Hujan Abu Vulkanik Terasa Hingga Binjai

"Saat ini Gunung Sinabung berada pada status level III siaga," tutur Armen Putra.

Armen Putra mengimbau ?masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara.

Gunung Sinabung Erupsi, Abu Vulkanik hingga ke Medan

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," kata Armen.

Mensos Risma melihat langsung masyarakat yang berdampak letusan Gunung Sinabung

Mensos Dorong Warga Terdampak Letusan Gunung Sinabung Kembangkan Usaha

Mensos memotivasi masyarakat agar mereka berinisiatif meningkatkan pendapatan. Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak menyerah kepada nasib.

img_title
VIVA.co.id
19 November 2021