Logo ABC

Tiga Kelompok Separatis Bersenjata Bersatu Jadi Tentara West Papua

Tiga kelompok separatis bersenjata di Papua kini bergabung membentuk apa yang mereka namakan Tentara West Papua (TWP).
Tiga kelompok separatis bersenjata di Papua kini bergabung membentuk apa yang mereka namakan Tentara West Papua (TWP).
Sumber :
  • abc

Tiga kelompok separatis bersenjata di Papua mengumumkan bahwa mereka telah membentuk Tentara West Papua (West Papuan Army), sementara para aktivis pendukung kemerdekaan menyatakan sekarang mereka siap "mengambil-alih negara kami".

Tentara West Papua Terbentuk

  • Tentara West Papua akan berada di bawah komando ULMWP
  • Kelompok ini menyebut langkah ini menyatukan sayap politik dan militer dari gerakan kemerdekaan Papua
  • Pengamat memperingatkan perkembangan terbaru ini akan meningkatkan ketegangan dengan militer RI

Kelompok-kelompok pemberontak bersenjata selama ini bertindak sendiri-sendiri dalam upaya mereka untuk merdeka dari Republik Indonesia. Bulan ini sekaligus menandai 50 tahun Papua menjadi bagian dari RI.

Para pengamat mengatakan perkembangan terbaru ini menjadi titik balik yang signifikan namun memperingatkan kemungkinan akan meningkatkan ketegangan dengan militer Indonesia.

Tentara West Papua akan berada di bawah komando organiasi payung United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), yang dipimpin Benny Wenda dari pengasingan. ULMWP selama ini menempuh cara-cara politik dan diplomatik untuk mencapai kemerdekaan Papua.

"Secara politis dan militer kami bersatu sekarang. Masyarakat internasional sekarang tanpa ragu-ragu dapat melihat bahwa kami siap untuk mengambil-alih negara kami," ujar Wenda seperti dikutip dalam website ULMWP.