Agus Rahardjo Sarankan Komisioner KPK Petahana Dipilih Kembali

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo.
Sumber :
  • Cahyo Edi

VIVA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo, memberikan dukungan kepada tiga komisioner petahana yang saat ini tengah mengikuti seleksi calon pimpinan (capim) KPK periode 2019-2023. Ketiga komisioner petahana itu adalah Alexander Mawarta, Laode M Syarif, dan Basaria Panjaitan.

Anggota DPR Supriansa Ikut Dorong Pengganti Firli Bahuri Mesti Lewat Pansel

Agus menyebut jika ada satu atau dua komisioner petahana yang lolos dan terpilih akan memudahkan kinerja KPK. Agus menerangkan, jika terpilih, nantinya program yang telah disusun oleh pimpinan KPK periode sebelumnya bisa berkesinambungan.

“Kan pimpinan sekarang ada tiga yang daftar. Untuk kesinambungan, satu, dua orang, masuk lebih baik,” ujar Agus di kompleks kantor Gubernur DIY, Selasa, 16 Juli 2019.

Anggota Komisi III DPR: Ketua KPK Pengganti Firli Bahuri Harus Melalui Pansel

Meskipun demikian, Agus mengaku terkait masalah kesinambungan program hanyalah sebagai saran. Agus menyerahkan sepenuhnya pemilihan pimpinan KPK kepada panitia seleksi (pansel).

"Tapi tentu saja, ini hanya saran dan harapan dari saya pribadi yang posisinya di luar. Sepenuhnya menjadi hak prerogatif pansel KPK dengan persetujuan Presiden dan DPR," kata Agus.

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Pansel KPK saat ini telah menetapkan 192 nama calon pimpinan KPK yang lolos seleksi administratif. Dari 192 nama itu, nama tiga komisioner petahana KPK periode sebelumnya juga masuk ke dalam daftar.

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Nasdem Taufik Basari

Nasdem Akui Belum Bersikap soal Pengganti Firli Bahuri: KPK dalam Posisi Terpuruk

Bagi elite Nasdem, usulan pengganti Firli Bahuri untuk posisi Ketua KPK lewat mekanisme pansel sebagai saran menarik.

img_title
VIVA.co.id
16 Januari 2024