Pasca Bentrokan Berdarah di Mesuji, Ratusan Personel TNI-Polri Siaga

Prajurit Paskhas TNI AU mengikuti Apel Patroli Skala Besar TNI-Polri di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Sekitar 300 personel gabungan TNI-Polri mengamankan wilayah Mekar Jaya Abadi KHP Register 45 SBM, Kabupaten Mesuji, Lampung. Pengamanan ini dilakukan pasca-bentrokan yang menewaskan tiga orang dan sembilan luka-luka.

Zulhas: PAN Tancap Gas Dukung Prabowo-Gibran

Reporter tvOne Pujiansyah melaporkan pengamanan dari TNI-Polri ini untuk mengantisipasi potensi bentrokan susulan terjadi. Saat ini, sembilan korban luka-luka dirawat intensif di RS Bhayangkara, Lampung.

"Delapan luka berat dan satu luka ringan dirawat di RS Bhayangkara. Sampai saat ini mereka masih dirawat intensif," demikian laporan Pujiansyah dalam Kabar Pagi tvOne, Kamis, 17 Juli 2019.

PAN Dukung Pembangunan Tanggul di Mesuji Lampung

Penyebab bentrokan dua kelompok ini karena pembajakan di area tanah. Perselisihan ini berujung kontak fisik hingga bentrokan berdarah pada Rabu, 16 Juli 2019, sekitar pukul 14.00 WIB.

Terkait bentrokan ini, tim Polda Lampung sudah menerjukan tim khusus untuk mengungkap pelaku yang menyebabkan tewasnya tiga orang. Dilaporkan wilayah ini memang sering terjadi cekcok warga.

Lewat Relawan Saga, Komunitas di Mesuji Deklarasi Dukung Ganjar

Untuk meredakan tensi, rencananya Polda Lampung bersama tokoh warga setempat akan memediasi dua massa yang bertikai.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan penyebab bentrokan dua kelompok Mekar Jaya Abadi KHP Register 45 SBM dan kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya karena masalah pembajakan di area tanah seluas setengah hektare.

Pandra menjelaskan sekitar pukul 11.00 WIB, datang alat berat bajak milik kelompok Pematang Panggang Mesuji Raya dan melakukan pembajakan di lokasi KHP Register 45 Mekar Jaya Abadi. Bajak tersebut melakukan pembajakan di area tanah seluas setengah hektare milik Yusuf (41) yang merupakan kelompok dari Mekar Jaya Abadi.

"Pembajakan itu diketahui oleh salah satu warga kelompok Mekar Jaya Abadi. Kemudian warga memukul kentongan dan mengamankan pembajak tersebut," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya