Penajam Paser Utara Jadi Ibu Kota Baru, Bupati Janjikan Ini

Pemandangan Penajam Kalimantan Timur. Foto: Ig: @kaltimku
Sumber :

VIVA – Presiden Jokowi telah mengumumkan ibu kota baru berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur

Sekda Depok Minta Bappeda dan PUPR Benahi Akses Jalan Kampung Bulak Barat yang Putus Kena Banjir

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafar Mas’ud menyambut baik keputusan pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Apalagi, PPU dipilih Presiden masuk sebagai kawasan Ibu Kota Negara atau IKN bersama Kutai Kartanegara (Kukar).

Sejumlah langkah akan dilakukan Bupati yang masih berusia 31 tahun ini, dilansir dari laman VIVAnews dan dirangkum dari sejumlah sumber:

Qodari Sebut Jokowi dan Prabowo sebagai Dwitunggal: Tidak Bisa Dipecah Belah

Siapkan 4 lokasi 

Gafur mengungkapkan ada empat kecamatan yang telah disiapkan untuk ibu kota baru, yaitu Kecamatan Penajam, Kecamatan Waru, Kecamatan Babulu dan Kecamatan Sepaku. 

Jokowi Diisukan Pindah Partai, Budi Arie: Warnanya Tunggu

Koordinasi dengan pusat 

Abdul mengaku mendukung penuh keputusan pemerintah pusat atas perpindahan IKN ini. Dengan itu, Pemkab PPU akan berkoordinasi dengan Bappenas dan Presiden soal lahan yang telah disiapkannya.

“Ditunjuk Ibu Kota Negara, lahan yang kami siapkan berdekatan dengan Kutai Kartanegara. Kami sudah siapkan, bahkan besok sudah kami beri laporan titik-titiknya,” ujarnya di Kota Dewata Bali, Senin, 26 Agustus 2019.

Siapkan lahan 

Pemkab PPU juga telah menyediakan lahan seluas 300 ribu hektare. Dan ia menegaskan 100 persen adalah lahan milik negara.

Konsep 

Abdul menyatakan akan menyiapkan konsen IKN baru, yaitu Smart, Green and Beautiful.

“Hutan di sana tidak dihilangkan, tapi diperindah. Kita akan menjadi negara yang ada di jantung oksigen dunia,” jelasnya. (ann)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya