Logo BBC

NU Kecewa Mantan Jenderal TNI Jadi Menteri Agama

Fachrul Razi menjadi satu dari sedikit bekas perwira tinggi militer yang diserahi jabatan menteri agama. - ANTARAFOTO/Puspa Perwitasari
Fachrul Razi menjadi satu dari sedikit bekas perwira tinggi militer yang diserahi jabatan menteri agama. - ANTARAFOTO/Puspa Perwitasari
Sumber :
  • bbc

Penunjukan Fachrul Razi, bekas jenderal TNI Angkatan Darat, menjadi menteri agama mengecewakan Nahdlatul Ulama, ormas Islam yang selama ini paling kerap mendapatkan jatah mengisi kursi itu.

Program deradikalisasi institusi pendidikan keagamaan yang disebut menjadi salah satu target kerja menteri baru pun dipertanyakan. Namun Fachrul Rozi yakin mampu mengambil kebijakan yang tepat untuk kehidupan keagamaan masyarakat. Ia mengaku berpengalaman berceramah di depan umat.

Kekecewaan yang muncul setidaknya dikatakan Rumadi Ahmad, Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU.

Rumadi menilai Fachrul Razi tak berpengalaman dalam isu pendidikan Islam di bawah Kementerian Agama, dari pesantren, madrasah, perguruan tinggi keagamaan Islam (Ma`had Aly) hingga satuan pendidikan diniyah formal. "Baik kalangan aktivis, pengurus, dan segala macamnya menunjukkan kekecewaan," kata Rumadi saat dihubungi, Rabu (23/10).

"NU dalam posisi menghormati keputusan yang diambil oleh presiden meskipun secara kelembagaan, ada perasaan kekecewaan," tuturnya.

Fachrul Razi merupakan bekas perwira tinggi militer. Jabatan tertinggi dalam kariernya adalah wakil panglima TNI tahun 1999 hingga 2000. Selama dua pilpres terakhir, ia berkampanye untuk Jokowi.

Fachrul adalah satu dari sedikit menteri agama kedua dari kelompok militer, setelah Alamsjah Ratu Prawiranegara tahun 1978 dan Tarmizi Taher pada 1993.