Wow Calon TNI Sebut Soeharto Dalang PKI, Propaganda atau Settingan?

Video calon TNI diwawancarai soal PKI
Sumber :
  • Twitter/@Cobeh09

VIVA – Sebuah video yang dinarasikan sebagai pengujian masuk TNI heboh di media sosial lho. Gegaranya dalam wawancara masuk TNI, calon tentara menyampaikan jawaban yang mengejutkan dan menghebohkan banyak pihak. 

Top Trending: 5 Negara Legalkan Pernikahan Jenis, Wanita Nge-prank Presiden hingga Kisah Mualaf Jess

Calon TNI tersebut ditanya pertanyaan seputar Partai Komunis Indonesia atau PKI. Remaja tersebut menguraikan PKI merupakan kambing hitam dari orde militer penyokong Orde Baru yang dijalankan oleh mantan Presiden Soeharto. 

Menurutnya, PKI dipakai Soeharto untuk meraih kekuasaan dan terbukti berhasil, penguasa Orde Baru tersebut menjadi orang nomor satu di Indonesia selama 32 tahun. Soeharto adalah dalang PKI.

Ada 8 Jenderal Bintang Lima di Dunia, 3 di Antaranya dari Indonesia

"Otomatis pikiran saya Soeharto haus akan kekuasaan. Jadi dalang dari PKI adalah Soeharto. PKI sama sekali bukan musuh tentara," ujarnya menjawab pertanyaan penguji dalam sebuah wawancara.

Jawaban calon TNI itu sontak menjadi bahasan heboh dari warganet yang membanjiri komentar postingan video dari akun Twitter @Cobeh09. Video tersebut tak detail kapan dan di mana, tak ada informasi sejauh ini. 

Ternyata Hanya Ada 1 Orang Peraih Jenderal Bintang 6 di Dunia, Sisanya Bintang 5

Ragam komentar warganet, ada yang menuding sang calon TNI tersebut telah terpapar oleh pemutarbalikan sejarah propaganda narasi pendukung PKI. Namun ada pula warganet yang menduga ada keanehan dengan potongan video tersebut.

Pengguna Twitter dengan nama akun @Resof85 berkomentar atas video tersebut, ada dua kemungkinan. Pertama, kemungkinan sang calon TNI sudah terdoktrin berita sesat atau propaganda dan pemutar balikan fakta sejarah oleh eks turunan PKI. Kemungkinan kedua, ada semacam rekaan. 

"Atau bs jadi Anak itu udah disetting untuk bicara seperti itu,dan direkam lalu diviralkan. Bkn tdk mgkn flm tubuh TNI ada Pengkhianat Bangsa dan Negara," tulis akun tersebut.

Warganet lainnya membalas komentar dari akun tersebut. Dan meragukan pengakuan calon TNI itu bisa jadi merupakan agenda setting.

"Bisa jadi,anehnya kenapa video itu seolah sengaja dibuat pas banget dia jawab gitu seolah tahu anak itu mau jawab itu trs divideoin trs diviralkan atau memang disetting apa memang setiap peserta ada videonya," balas akun @mukhti313.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya