Viral Video Sabotase Saluran Air, Ini Jawaban Bina Marga Jakarta

Bina Marga DKI Jakarta
Sumber :
  • twitter

VIVA – Sebuah video yang diduga sebagai sabotase terhadap saluran air di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, dengan cara menyumbatnya menggunakan karung-karung pasir menjadi viral di media sosial. 

Aksi Cornering Ukhti Cantik Pakai Honda Beat seperti di MotoGP, Endingnya Bikin Ngilu

Dari akun twitter @IwanSumule86, memperlihatkan video dua buah truk yang tengah menurunkan karung-karung yang diduga berisi pasir dan memasukannya ke saluran air. 

Mohon disidik kebenaran info ini. Kalo benar, jahat sekali mereka itu. Iya gak sih? Katanya, ada sabotase sepanjang Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Gorong-gorong dimasukin karung pasir agar tersumbat. Kejadian 27 Januari 2020, Jam 22.00 Wib.” Tulisnya.

5 Tanda Negatif Media Sosial Bagi Kesehatan Mental, Salah Satunya Ada di Kamu?

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun memberi klarifikasi atas video viral tersebut. Mengutip klarifikasi Dinas Bina Marga DKI di akun Twitter @BinaMargaDKI, penimbunan dengan karung pasir, dilakukan terhadap saluran utilitas, bukan saluran air.

"Lubang tersebut bukan sumur resapan, akan tetapi manhole utilitas," dikutip dari @BinaMargaDKI pada Rabu, 29 Januari 2020.

Hailey Bieber Ungkap Sifat Asli Justin Bieber, Penggemar Merasa Lucu Sekaligus Khawatir

Penimbunan, dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Saat utilitas seperti kabel fiber optik disambungkan, karung-karung diangkat sehingga pekerjaan bisa dilakukan.

"Memang spek (pekerjaan)-nya harus dimasukkan kantung pasir," dikutip dari @BinaMargaDKI.

Saat pekerjaan selesai, kantung-kantung pasir juga akan kembali dimasukkan sehingga saluran itu aman. Video sendiri salah satunya diunggah politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Iwan Sumule di akun Twitter @IwanSumule86.

"Setelah selesai proses (pemasangan kabel utilitas), karung akan dimasukkan kembali ke dalam manhole," dikutip dari @BinaMargaDKI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya