Virus Corona di Indonesia, 6 Sekolah Internasional Diliburkan

Ilustrasi virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Khawatir wabah corona yang telah ada di Indonesia, enam sekolah internasional yang ada di Jakarta diliburkan guna menghindari penyebarann Covid-19.

Terungkap Biaya SPP Anak Vincent Rompies di SMA Binus School Serpong, Capai Ratusan Juta

Keenam sekolah, yaitu Jakarta Intercultural School (JIS), ACG School, Mentari Intercultural School, Cikal School, Beacon Academy, juga Jakarta Taipei School.

"Kalau yang di catatan kita (Disdik DKI), ada enam (sekolah yang libur)," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI JAkarta Nahdiana saat dihubungi pada Selasa, 10 Maret 2020 dilansir dari VIVAnews.

Segini Biaya Sekolah Anak Vincent Rompies di Binus School Serpong

Nahdiana menyampaikan, keputusan peliburan sendiri, bukan instruksi dari Disdik. Sekolah-sekolah internasional yang koordinasinya ada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mengambil inisiatif libur setidaknya dua pekan karena durasi itu, merupakan waktu yang disarankan dalam protokol corona untuk memastikan tidak adanya gejala.

"Ini, memang ini kondisinya luar biasa, bahwa virus ini menyebar. Jadi kalau diduga di sekolah itu ada potensi, memang secara medisnya harus 14 hari (karantina mandiri)," kata Nahdiana.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Ia juga mengemukakan, inisiatif libur diambil karena adanya kekhawatiran civitas academica yang berasal dari berbagai negara, memiliki potensi membawa virus corona ke lingkungan sekolah.

Selama masa libur aktivitas, beberapa sekolah, tetap mengupayakan ada KBM baik melalui sarana internet, atau penugasan belajar di rumah untuk para siswa.

"Secara urgent, mereka juga memutuskan untuk home learning dengan pengawasan guru, dengan pendampingan orang tua," tutu Nahdiana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya