Redam Keganasan COVID-19, Pemerintah Sebar 12 Juta Masker

Penanggulangan COVID-19 di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Pemerintah sudah menyiapkan 12 juta masker bedah dan 81 ribu masker N95 untuk meredam keganasan virus Corona COVID-19. Stok masker dipastikan ada mulai besok didistribusikan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Sejak besok di Kemenkes menyiapkan masker bedah 12 juta, dan masker N95 81 ribu," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto dalam konfrensi pers di akun Youtube BNPB, Sabtu, 21 Maret 2020.

Pendistribusian, kata Yurianto, akan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi masing-masing. Masker itu nantinya digunakan di tempat pelayanan kesehatan seperti RS dan Puskesmas.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Distribusi sistem mendorong Dinkes Provinsi. End user mengajukan melalui Dinas Kesehatan. Masker ini sudah bisa digunakan," katanya.

Pemerintah juga menyiapkan tempat isolasi tambahan bagi pasien positif Corona yakni Wisma Atlet dan beberapa hotel. Sebelumnya, pemerintah telah menyiapkan ratusan Rumah Sakit Pemerintah, BUMN, Polri, TNI maupun swasta.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Penambahan tempat tidur yang memang terindikasi butuh karantina Rumah Sakit. Tidak berapa lama lagi sektor swasta penggunaaan hotel yang seluruhnya digunakan isolasi COVID-19. Wisma atlet juga disiapkan," ujarnya.

Ia pun kembali mengingatkan masyarakat untuk melakukan sosial distancing dan diam di dalam rumah jika tak ada keperluan.

"Kurangi frekuensi ketemu orang lain dan jaga jarak meskipun di dalam rumah. Yakinlah isolasi di rumah tidak memutuskan jejaring kita tentang penyakit ini. Ada call center 119, ada halodoc, sehatpedia dan gojek. Kita menyiapkan banyak ruang konsultasi tentang penyakit ini," katanya.

Baca: Pasien Positif COVID-19 RI Jadi 450 Orang, 38 Meninggal Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya