Y.A.I Peduli Covid-19: Donasi untuk Tenaga Medis dan Masyarakat Kecil

Penyerahan donasi dari VIVA Peduli untuk Negeri kepada RS Sehat Terpadu Bogor yang diterima langsung oleh Dr. Jaka, Direktur Utama RS Sehat Terpadu Bogor.
Sumber :

VIVA – Penyebaran pandemi Covid-19 di tanah air masih terus meningkat. Tidak hanya kasus positif yang terus bertambah, dampak penyebaran virus ini juga berpengaruh pada sektor sosial ekonomi. 

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Sebagai bentuk kepedulian kepada mereka yang terdampak khususnya kelas menengah ke bawah, kampus Y.A.I (Yayasan Administrasi Indonesia) ikut berdonasi melalui VIVA Peduli Untuk Negeri, yang merupakan wujud komitmen dan kepedulian masyarakat dalam membantu sesama.

“Donasi disalurkan dalam bentuk uang sejumlah Rp 15.000.000. Bantuan yang terkumpul selain akan digunakan untuk membeli perlengkapan APD dalam memerangi virus corona (Covid-19), juga akan di peruntukan untuk bantuan pangan bagi warga terdampak Covid-19,” jelas Maria Rosalinda selaku Humas Y.A.I kepada VIVA, pada Kamis (23/4). 

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Maria pun menjelaskan bahwa fenomena yang patut dicatat dari pandemi ini adalah virus menginfeksi orang-orang yang berada di semua level, atas hingga bawah (secara sosial- politik dan ekonomi). 

“Mereka yang terinfeksi adalah orang biasa hingga figur publik; atlet yang bugar hingga warga senior yang secara fisik rentan, pejabat yang diproteksi dengan aturan protokoler hingga warga biasa yang bergaul leluasa,” katanya.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Dari sisi komunitas, lanjut Maria, mereka yang terinfeksi juga dari komunitas kota besar hingga kota kecil, bahkan masyarakat desa, yang juga ditandai oleh perbedaan fasilitas layanan kesehatan yang tersedia. “Negara dengan laporan terinfeksi dalam jumlah yang besar juga tidak pandang bulu, negara maju dan kaya, hingga negara berkembang, dan negara miskin.”

Di kesempatan terpisah, Sofyan selaku koordinator dari VIVA Peduli untuk Negeri pun menginformasikan bahwa donasi yang diterima oleh VIVA Peduli untuk Negeri ini sebagian telah disumbangkan ke beberapa rumah sakit yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. 

“Sejauh ini donasi yang kami berikan adalah Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis yang tersebar di beberapa rumah sakit. APD ini beberapa diantaranya berupa Helm Pelindung Diri, Box Cap nurse, Masker, Face shield, Baju hazmat, Sarung tangan, Safety shoes,” jelas Sofyan saat dihubungi tim VIVA pada Kamis (23/4). 

Pada hari Rabu (22/4) lalu, tim VIVA Peduli untuk Negeri bersama tim Y.A.I juga telah menyalurkan donasi ke RS Sehat Terpadu Bogor. 

“Donasi ke RS Sehat Terpadu Bogor berupa 10 helm Pelindung Diri, 10 face shield, 10 baju hazmat, 10 lusin maker kain, 10 sarung tangan, 10 safety shoes yang diterima langsung oleh Dr. Jaka selaku Direktur Utama RS Sehat Terpadu Bogor,” kata Sofyan.

Namun demikian, Sofyan juga menjelaskan bahwa selain membutuhkan APD, rumah sakit tersebut juga membutuhkan perlengkapan medis yang lain.

“Selain donasi APD, untuk saat ini RS Sehat Terpadu Bogor ini juga membutuhkan ventilator dam rontgen portable,” kata Sofyan.

Maria pun menilai dengan adanya solidaritas dan kepedulian yang terus tumbuh di masyarakat melalui donasi ini dapat membantu masyarakat bersama-sama menghadapi wabah virus Corona. 

“Dengan solidaritas tersebut, masyarakat pada akhirnya rela untuk menaati himbauan pemerintah dan menyumbangkan sebagian kemampuannya untuk menolong sesama demi kebaikan bersama.”

Maria juga menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak memandang remeh pandemi Covid-19 ini. 

“Selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PNBS), seperti mencuci tangan dengan benar dan bersih, menjalankan pembatasan sosial, selalu menggunakan masker ketika di luar rumah dan usahakan tetap dirumah saja. Kami berharap, stigma negatif kepada pasien Covid-19, tenaga kesehatan, serta tenaga medis dapat berhenti pula. Mereka merupakan garda terdepan dan memiliki jiwa kepahlawanan bagi bangsa,” tutupnya. 

Untuk diketahui, donasi yang tersalurkan melalui VIVA Peduli untuk Negeri merupakan donasi berupa dompet kemanusiaan yang dikelola melalui Yayasan Satu untuk Negeri tvOne.

Untuk saat ini donasi dibuka di lima rekening bank, melalui REKENING BANTUAN KEMANUSIAAN PEDULI COVID-19 Yayasan Satu untuk Negeri tvOne:

1. BCA 7660556006

2. BNI 0755132198 

3. BRI 037801002058 303 

4. BUKOPIN 1024499011 

5. MANDIRI 1330020201919


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya