Jaga Jarak Diabaikan, Jubir COVID-19: Car Free Day Perlu Dievaluasi

Hari Bebas Kendaraan atau car free day
Sumber :
  • Antara/Saptono

VIVA – Car Free Day hari ini kembali diberlakukan di sejumlah ruas jalan di ibukota. Mengenai hal ini, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, pelaksanaan car free day (CFD) yang dibuka kembali oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Minggu, 21 Juni 2020 harus dievaluasi. Sebab, masyarakat masih mengabaikan protokol kesehatan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Kami melakukan pemantauan di beberapa tempat, seperti pelaksanaan car free day di Jakarta masih kita lihat beberapa masyarakat lupa bahwa physical distancing penting. Kami mohon ini untuk menjadi evaluasi kita bersama," kata Yuri seperti disiarkan Youtube BNPB pada Minggu, 21 Juni 2020.

Baca Juga: Satu Keluarga di Papua Meninggal Keracunan Asap Karbon Monoksida

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Selain itu, Yuri juga melihat beberapa bandar udara yang melakukan penerbangan hari ini, terutama yang mengarah ke Pulau Jawa seperti di Batam dan beberapa tempat lain juga demikian, masih mengabaikan physical distancing.

"Kita masih lihat banyak masyarakat yang belum tertib untuk menjaga physical distancing, meskipun sebagian sudah kami lihat menggunakan masker. Tapi sekali lagi, physical distancing sangat perlu," ujarnya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Oleh karena itu, Yuri mengatakan hal inilah yang harus menjadi perhatian bersama. Sebab, pemerintah tidak mungkin secara parsial sepotong-sepotong melakukan pendekatan untuk pengendalian penyakit corona ini.

"Maka, harus dibutuhkan kerja bersama, terus-menerus tidak terhenti, semangat kita gotong royong menjadi penting untuk saling melindungi, saling menjaga agar penularan ini bisa dihentikan," jelas dia.

Chicco Jerikho

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Chicco Jerikho bercerita mengenai pengalaman kurang menyenangkan saat dirinya mengidap sepsis pada 2021 lalu. Informasi itu disampaikan langsung oleh Chicco Jerikho.

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024