Mahfud Ingatkan Cara Represif Tak Akan Selesaikan Konflik Papua

Mahfud Md di kampus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu, 28 Agustus 2019.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md angkat bicara mengenai konflik yang terjadi di Papua. Dia menyarankan pemerintah lebih mengedepankan pendekatan persuasif saat menangani konflik di Papua.

Pesan Jokowi ke Menko PMK Muhadjir: Gudang Pangan di Papua Diisi Makanan Khas Lokal

Menurut guru besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia itu, ada beberapa cara dan pendekatan dalam penanganan sebuah konflik, seperti halnya di Papua. Namun yang pasti tidak dengan pendekatan represfi atau kekerasan.

"Pancagatra-nya sosbud, dan trigatra-nya yaitu tempat, rakyatnya dan posisi geografisnya. Oleh sebab itu yang saya sarankan kepada (penanganan konflik) Papua adalah harus dengan persuasif. Tidak usah represif," ujar Mahfud di kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rabu, 28 Agustus 2019.

Detik-detik KKB Komplotan Keni Tipagai Serang Polsek Homeyo Intan Jaya yang Tewaskan Warga Sipil

Ahli hukum tatanegara ini menambahkan agar pemerintah maupun aparat keamanan harus berhati-hati dalam menangani konflik di Papua. Pemerintah dan aparat keamanan supaya tak terpancing mengeluarkan kata-kata bernada rasial.

"Jangan sampai terpancing menimbulkan kemarahan baru kepada saudara-saudara kita di Papua, terutama pernyataan-pernyataan yang sifatnya rasis, supaya dihindari betul. Gitu saja," ujarnya. (ren)

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua
Menko PMK Muhadjir Effendy laksanakan salat Id di Kantor PP Muhammadiyah.

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan target pembangunan dari perpanjangan runway Bandara Distrik Sinak, Papua s

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024