Muaro Jambi Terbanyak Hotspot Kebakaran Hutan, Ada 1157 Titik

Kebakaran hutan dan lahan gambut di Muarojambi, Jambi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

VIVA – Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Jambi, Apani Saharudin menceritakan kondisi terkini Jambi akibat kebakaran hutan dan lahan.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Ia menyebutkan kabupaten Muara Jambi, menjadi kabupaten dengan hotspot terbanyak dengan 1157 hotspot.

"Kita lihat memang Kabupaten Muaro Jambi yang memiliki banyak hotspot. Ini kabupaten terdekat di Kota Jambi dan mengelilingi kota Jambi," kata Apani dalam diskusi di Medan Merdeka, Jakarta, Senin 23 September 2019.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Ia menjelaskan, karena Kabupaten Muaro Jambi mengelilingi Jambi, maka dampak dari karhutla terasa. Udara di kota Jambi lumayan pekat dan mengakibatkan penerbangan terganggu. "Tapi tadi saya jam 08.00 penerbangan sudah on schedule," kata Apani.

Arpani melanjutkan, daerah kedua yang memiliki hotspot terbanyak Tanjung Jabung Timur. Kabupaten ini memiliki hotspot sebanyak 563 hotspot. "Di Tanjab Timur ini kabupaten yang berdampingan dengan Muara Jambi," kata Apani.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Pemantauan ini dilakukan sejak Januari hingga 17 September 2019, dengan Pantauan sensor modis satelit Terra Aqua dan Suomi NPP. Adapun tingkat kepercayaan di atas 50 persen.

Ia menyebutkan dari sebaran jumlah titik pada 11 kabupaten Jambi, hanya dua kota dan satu kabupaten yang tak begitu memiliki banyak titik api.

"Kerinci,  Sungai Penuh, dan kota Jambi yang bebas dari titik api. Ada titik api, tapi tak begitu banyak," kata Apani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya