Gladiresik HUT ke 74, Pesawat Tempur TNI Hilir-Mudik di Langit Jakarta

Pesawat tempur TNI AU melakukan gladi bersih HUT TNI ke-74 di Halim Perdanakusum
Sumber :
  • VIVAnews/Anwar Sadat

VIVA – Tentara Nasional Indonesia menggelar gladi bersih upacara parade dan defile peringatan HUT ke-74 TNI di Taxy Way Echo Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis 3 Oktober 2019.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Gladi resik ini dihadiri langsung oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto.

Dalam acara ini, Panglima TNI didampingi Kasad Jenderal TNI, Andika Perkasa; Kasal Laksamana TNI, Siwi Sukma Adji; dan Kasau Marsekal TNI, Yuyu Sutisna. HUT TNI kali ini, mengambil tema 'TNI Profesional Kebanggaan Rakyat'.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Tercatat jumlah pasukan parade HUT TNI mencapai 6.806 personel, yang terdiri dari Lambang-Lambang Kesatuan 60 personel, Brigade Upacara I/Gabungan 980 personel (Drum Band Taruna Akademi TNI, Batalyon Upacara Pamen, Batalyon Upacara Pama), Brigade upacara II/Taruna Akademi TNI 971 personel (Batalyon Upacara Taruna Akmil, dan Batalyon Upacara Taruna AAL, Batalyon Upacara Taruna AAU), 

Selanjutnya, ada juga prajurit dari Brigade Upacara III/Gabungan 971 personel (Batalyon Upacara Wan TNI, Batalyon Upacara POM TNI, Batalyon Upacara RDB Satgas Konga), Brigade Upacara IV/TNI AD 971 personel (Batalyon Upacara Kopassus, Batalyon Upacara Kostrad, Batalyon Upacara Kodam Jaya).

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Gladiresik HUT TNI ke 74 di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta

Pada Gladi resik ini juga diisi oleh berbagai atraksi seperti Bela Diri Militer dan Tari Perang Garuda. Selain itu ada atraksi terjun payunh dari para prajurit militer.

Atraksi yang paling memikat perhatian, yakni ketika TNI menampilkan pesawat terbangnya. Di antaranya adalah tim Jupiter Aerobatic yang melakukan gerakan manuver yang membuat penonton berdecak kagum.

Selain itu juga, ada juga atraksi tempur udara yang dilakukan oleh pesawat F16. Mereka satu sama lain melakukan simulasi duel udara dan menunjukkan kebolehannya dalam menjaga NKRI.

Dalam acara Gladiresik ini, ada juga masyarakat yang menyaksikannya. Mereka mengaku salut atas atraksi alutsista yang dipamerkan TNI.

"Bagus-bagus banget alutsistanya. Hebat TNI kita yah," kata Kasdi salah seorang masyarakat yang menyaksikan rangkaian acara tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya