1.489 Pendemo Rusuh di DPR Diamankan, 380 Ditetapkan Tersangka

Demo Rusuh SMK di Gedung DPR
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Polisi Asep Adi Saputra mengatakan, sampai saat ini pihaknya telah melakukan penangkapan terhadap 1.489 orang terkait aksi demonstrasi berujung kerusuhan di Gedung DPR. Ribuan orang ini diamankan pihak Polda Metro Jaya dan jajaran di bawahnya.

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

"Dari Polda Metro Jaya (Ditreskrimum, Ditreskrimsus, Narkoba, Polres) sudah mengamankan 1.489 orang," kata Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 3 Oktober 2019.

Menurut Asep, setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, dari 1.489 orang yang diciduk itu, setidaknya terdapat 380 orang yang dijadikan sebagai tersangka kerusuhan tersebut. 

Keliling Pasar di Jatim, Satgas Pangan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

"Kemudian dari hasil pemeriksaan keseluruhan yang memenuhi unsur tersangka 380 orang," ujar Asep.

Tetapi, dari 380 tersangka tersebut, tidak semuanya ditahan oleh aparat Kepolisian. Sampai saat ini, polisi hanya menahan 79 orang.

Diduga Produksi Oli Palsu, Komunitas Aktivis Muda Indonesia Desak Mabes Polri untuk Segera Tangkap

Mereka yang ditahan berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari, mahasiswa, pelajar hingga preman yang diduga dibayar untuk menciptakan kerusuhan saat aksi unjuk rasa.

"Yang masih ditahan 179 orang. Rinciannya ada dua oknum mahasiswa, ada dua oknum pelajar dan yang preman ada 175 orang. Inilah data terakhir." [mus] 

Ilustrasi tembakan.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota Satuan Lali Lintas Polres Kota Manado, Sulawesi Utara ditemukan tewas dengan luka tembak di bagian kepala, kemarin. Kejadiannya di Jalan Mampang Prapatan

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024