Indonesia Aid, Saatnya RI Galakkan Diplomasi Tangan di Atas

Wapres Jusuf Kalla didampingi sejumlah menteri meluncurkan Indonesia Aid
Sumber :
  • VIVAnews/Dinia Adrianjara

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasioal atau Indonesian Aid. Pembentukan badan bantuan ini akan berfungsi sebagai 'one gate' pemberian bantuan internasional dari Indonesia kepada negara-negara yang membutuhkan.

Indonesia Bantah Bungkam Suara Pasifik Soal Papua Lewat Dana Bantuan

Indonesia sebagai negara dengan perekonomian yang baik, juga sebagai salah satu negara anggota G20, sangat penting untuk membantu ngara-negara yang membutuhkan. Hal ini juga sejalan dengan amanat konstitusi yaitu untuk meningkatkan perdamaian dunia.

"Pembentukan lembaga Indonesian Aid atau kerja sama ekonomi ini adalah sesuatu yang penting pada masa ini. Sudah cukup kita ini mempunyai prinsip kadang-kadang meminta bantuan, sudah waktunya kita juga untuk 'diplomasi tangan di atas' untuk membangun masyarakat dunia yang lebih baik lagi," kata Wapres JK di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat, Jumat 18 Oktober 2019.

Berapa Banyak Bantuan Internasional yang Masuk ke Venezuela?

Selain untuk meningkatkan kerja sama dengan negara yang membutuhkan, pembentukan Indonesian Aid juga ditujukan untuk membantu negara yang membutuhkan masalah sosial seperti pengungsi.

JK juga telah meminta kepada lembaga terkait yakni Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan dan Bappenas untuk mempersiapkan program dan dana setiap tahunnya agar bisa digunakan.

Rio Reifan Resmi Jadi Tersangka, Terbukti Miliki Sabu dan Ekstasi

"Berikutnya ini bukan saja jadi program Kemlu, tapi juga program pemerintah dan negara. Tanpa kebijakan luar negeri yang baik, tentu tidak akan tercapai kerja sama nasional dan internasional yang baik pula," ujar JK.

Bantuan Untuk Palestina dari Indonesia

Kirim Bantuan Rp 31,9 Miliar ke Palestina, LDKPI Sebut Itu Komitmen Pemerintah Indonesia

Pemerintah Indonesia, melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI), atau Indonesian AID, kembali lakukan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Palestina.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2023