Geger Ritual Ki Sabdo Kirim Nyi Roro Kidul Amankan Pelantikan Jokowi

Ki Sabdo melakukan ritual di depan Gedung Nusantara V DPR/MPR RI.
Sumber :
  • Foto twitter

VIVA – Beredar sebuah video seseorang yang dipanggil Ki Sabdo sedang melakukan ritual di Gedung DPR/MPR RI tepatnya di depan ruang paripurna Nusantara V, kompleks parlemen. Dalam video tersebut nampak Ki Sabdo yang memakai pakaian hitam-hitam duduk bersila di lantai sambil merapal mantra.

Viral Rara Pawang Hujan Adakan Ritual Kirim Hujan ke Jakarta, Begini Prosesinya

"Saya ritual terakhir di gedung DPR RI ini, gladi bersih begitu. Jadi aku sedang ngecek anak buah saya di sini, mulai ratu selatan, nyai roro kidul, terus jin kayangan, dan lain-lain sudah ada di dalam maupun sekitarannya. Jadi untuk mengamankan tanggal 20 pelantikan Jokowi," kata Ki Sabdo dalam video yang beredar viral di media sosial.

Ki Sabdo menilai memang harus ada pengawalan secara spiritual. Ia mengaku sudah menaruh secara komplet 'makhluk' tersebut. Ia mengaku disuruh Jokowi.

Ritual Cari Berkah Nyi Roro Kidul, Ramai Tagar Bebaskan Briptu Fikri

"Mantap sudah. Pak Jokowi pasti dilantik, nggak ada halangan. Nanti yang menghalangi ya itu urusannya ratu selatan, urusan saya, saya yang beresin," kata Ki Sabdo.

Terkait hal ini, Sekjen MPR, Ma'ruf Cahyono mengatakan kesetjenan memastikan telah mempersiapkan hal teknis yang mendukung persidangan. Ia pun berharap sidang pelantikan presiden berjalan lancar.

Ritual Gaib Jelang MotoGP Mandalika

"Saya kira kalau ini (ritual Ki Sabdo) saya baru tahu, tentu akan tanyakan kok bisa sampai di gedung. Tapi bukan sesuatu yang salah menurut kita ya, tetapi kan artinya harus cek juga, tapi dari sekjen tidak ada yang seperti itu apalagi dalam perencanaan," kata Ma'ruf di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat 18 Oktober 2019.

Ia memastikan ritual Ki Sabdo bukan bagian dari persiapan kesetjenan MPR. Sebab mereka hanya fokus pada persidangan saja. Persoalannya memang siapapun bisa datang ke ke kompleks parlemen.

"Itu nanti dicek, semua orang datang ke sini kemudian bernyanyi ya ngga bisa juga kita larang," kata Ma'ruf.

Meski begitu, ia menilai yang dilakukan Ki Sabdo tak mengganggu. Tapi memang kalau dilaksanakan saat sidang hal itu memang berpeluang mengganggu. Karena itu memang harus diantisipasi.

"Setiap kali perhelatan sidang pasti pengamanan mendukung secara maksimal, tentu ada pengamanan yang sudah diterapkan oleh TNI Polri saya kira kewajiban kita semua agar acara berjalan sukses, tentu aspek keamanan itu penting," kata Ma'ruf.

Berikut tautan video Ki Sabdo melakukan ritual:

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya