Viral Rara Pawang Hujan Adakan Ritual Kirim Hujan ke Jakarta, Begini Prosesinya

Rara Pawang Hujan Adakan Ritual Kirim Hujan ke Jakarta
Sumber :
  • Tangkapan Layar

Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap sebanyak 32 daerah tidak mengalami hujan terpanjang lebih dari dua bulan, bahkan masuk kategori ekstrem. Dari 32 daerah tersebut termasuk wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Barat, sudah 66 hari tidak turun hujan.

Hadiri Pesta Adat Lom Plai, Pj Gubernur Kaltim: Seni Budaya Ini Harus Dilestarikan

Musim kemarau berkepanjangan ini menjadi sorotan beberapa netizen yang mengaitkannya dengan polusi yang terjadi di Jakarta. Belum lama ini Rara Pawang Hujan yang terkenal karena menjadi pawang di Mandalika melakukan prosesi atau ritual mendatangkan hujan.

Rara Pawang Hujan Adakan Ritual Kirim Hujan ke Jakarta

Photo :
  • Tangkapan Layar
Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Ritual tersebut viral karena terekam dan dibagikan oleh akun Instagram @.fakta.jakarta.

Polusi makin parah, Rara Pawang Hujan mengadakan ritual kirim hujan ke Jakarta.” Tulis keterangan dalam narasi unggahan.

Upacara POUN di Kelenteng Hiap Thian Kiong Karawang, Mohon Doa Keselamatan dan Lindungi Nasib

Di dalam video terlihat Rara pawang hujan yang memakai baju hitam berkain batik sedang duduk berlutut di sebuah wadah yang berisi dupa  atau bunga yang dibakar,  Ia juga terlihat berteriak “IAAAA.” “IAAA.”

Terlihat juga seorang pria yang memakai pakaian putih bagian atas, bawah hingga penutup kepalanya menyiramkan air ke Rara dari wadah yang Ia bawa. Di akhir video ritual yang dibagikan, Rara Pawang Hujan diguyur sebadan-badan dengan air yang berada di dalam ember berwarna merah muda.

Kemudian pengunggah menyebutkan bahwa ritual itu tidak diperuntukkan untuk wilayah Jakarta, tetapi juga untuk wilayah Jabodetabek dengan mengunakan medium es batu.

Bukan hanya Jakarta, ritual itu juga disebut untuk memberikan hadiah hujan untuk Jabodetabek. Rara menggunakan es batu sebagai media ritualnya dan sempat diguyur dengan ember.” Tulis keterangan di akhir narasi pengunggah.

Lantas video ritual Rara pawang hujan Itu menarik reaksi netizen yang beragam, ada pro dengan Rara hingga yang kontra:

Buat kalian yang ceramah sesuai ajaran kalian, apakah sudah solat untuk bisa menurunkan hujan atau sholat yang dimaksud? Jangan banyak omong tapi ga ada gerak.. setidaknya dia sudah berusaha, daripada omong doang.” Tulis netizen dalam kolom komentar.

biarkan, selagi tidak merugikan kalian, yg hanya bisa komplain soal polusi yg secara tidak sadar kalian ciptakan sendiri.” Timpal netizen lainnya.

Nyiramnya pake mobil damkar harusnya biar berasa.” Ungkap netizen dalam kolom komentar.

Klo ga turun hujannya dia jawab ini kehendak Tuhan... Tapi klo turun hujan dia bilang ini krn temen² rara dilangit ... Hahhahah w jg bisa klo begitu.” Timpal netizen lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya